Sukses

Ingin Kaya Lewat Investasi? Simak Pesan Bijak dari Investor

Liputan6.com, Jakarta - Jika kita dihadapkan dengan salah satu orang terkaya di dunia, misalnya Bill Gates atau Warren Buffett dan diminta mengajukan satu pertanyaan, maka pertanyaan yang pasti muncul adalah bagaimana cara agar bisa menjadi kaya?

Orang-orang kaya ini pasti memiliki prinsip dalam berbisnis sehingga mereka bisa lebih sukses dari orang lain.

Bahkan saking pintarnya mereka mengelola kekayaan, banyak pendapat yang meyakini jika uang di seluruh dunia ini dibagi rata, maka dalam beberapa tahun ke depan, uang tersebut akan kembali lagi ke mereka. Nah, apa saja rahasia sukses mereka?

Salah satunya adalah mereka memanfaatkan aktivitas sehari-hari dengan rutin menambah aset mereka. Mereka tidak pernah luput mempraktikkan untuk melakukan investasi ataupun pengambilan keputusan dalam sebuah bisnis.

Prinsip-prinsip tersebut kemudian menjadi kata-kata mutiara yang bisa memberikan inspirasi banyak orang, berikut kata-kata mutiara para investor, seperti dikutip dari www.cermati.com, Kamis (4/11/2016):

1.    Warren Buffet – Jangan Taruh Semua “Telur” dalam Satu Wadah

Telur di atas maksudnya adalah instrumen investasi saham. Jika Anda mempunyai sejumlah besar modal, maka jangan investasikan modal seluruhnya pada satu jenis investasi.

Jika Anda mengalami kegagalan dalam bisnis tersebut, maka seluruh modal Anda akan hilang dan akan kesulitan untuk bangkit kembali.

Kata mutiara ini sangat legendaris dan menjadi pegangan banyak investor untuk mengendalikan risiko investasi sehingga investor tetap bisa untung dengan potensi rugi yang kecil.

2 dari 3 halaman

Peter Lynch

2.    Peter Lynch – Perhatikan Fakta yang Tidak Bisa Diprediksi

Jangan terlena dengan terlalu banyak spekulasi yang beredar di pasar modal. Belum tentu semua itu benar.

Yang perlu anda fokuskan adalah fakta-fakta terkait jenis saham dan instrumen investasi lainnya. Karena fakta tidak pernah berbohong, dan spekulasi hanya sekedar perkiraan.

3.    Ellen May - Mulailah Sedini Mungkin

Terjun ke pasar modal tidak perlu menunggu lulus kuliah, jika bisa mulai sedini mungkin. Dengan mulai dari awal maka Anda bisa mendapatkan pengetahuan yang lebih banyak. Tentunya pengetahuan-pengetahuan ini bisa memberikan keuntungan dalam berinvestasi demi mendapatkan keuntungan yang banyak.

4.    Carlos Slim - Siapa pun yang tidak berinvestasi dari sekarang sudah kehilangan kesempatan yang luar biasa

Taipan perusahaan telekomunikasi Meksiko ini mempunyai saran yang cukup mengena dengan jangan membuang-buang waktu. Jika Anda sudah menetapkan target, maka harus segera berinvestasi.

Orang yang tidak segera berinvestasi, akan melewatkan peluang mendapatkan uang dalam jumlah besar.

5.    Aaron Brown – Anda Butuh Sebuah Strategi

Meskipun tertarik untuk terjun ke dunia investasi, Anda tidak serta merta langsung menanamkan modal dan berharap mendapatkan untung dari aksi Anda.

Namun, masuk ke pasar modal perlu diikuti dengan pengetahuan, analisa dan strategi yang tepat agar investasi Anda berhasil.

3 dari 3 halaman

Donald Trump

6.    Paul Samuelson -  Investasi harus lebih seperti menonton cat mengering atau menonton rumput tumbuh

Arti dari kata-kata mutiara ini adalah, untuk bisa menghasilkan uang dari modal yang  diinvestasikan memang butuh waktu. Anda harus sabar layaknya menunggu rumput kebun Anda tumbuh. Butuh waktu dan perhatian agar investasi Anda sukses.

7.    Donald Trump - Kadang-kadang investasi terbaik Anda dari tempat yang tidak terduga

Calon presiden Amerika Serikat (AS) ini meskipun kontroversial, namun dia termasuk salah satu pebisnis yang sukses.

Maksud dari kata-kata mutiara di atas adalah, saat Anda tidak menginvestasikan uang pada sebuah perusahaan yang katanya bisa berpotensi sukses namun ternyata beberapa waktu kemudian perusahaan tersebut bangkrut, maka Anda telah mengambil keputusan yang tepat dalam berinvestasi.

Yah, Donald Trump, kini mencoba peruntungan sukses di luar investasi dalam permainan politik memperebutkan kursi Presiden Amerika Serikat. Bisa jadi keputusan maju sebagai capres merupakan bagian dari investasi Trump untuk tujuan bisnis yang lainnya.

Kesuksesan Hanya Didapat dari Kerja Keras

Kesuksesan setiap orang didapatkan dari kerja keras, fokus dan prinsip-prinsip yang dia pegang. Tanpa hal-hal tersebut, akan sulit untuk mengalahkan berbagai masalah dan problem selama membangun bisnis. Kata-kata mutiara di atas, bisa membantu Anda memahami bagaimana orang-orang kaya berprinsip dalam bidang ekonomi keuangan. (Ahm/Ndw)

Loading