Sukses

Ingin Ciptakan Kesan Baik di Hari Pertama Kerja? Simak Tips Ini

Liputan6.com, Jakarta - Satu momok yang sering membuat orang takut ketika bekerja adalah hari pertama masuk kantor. Banyak dari mereka yang tidak tahu bagaimana cara yang sebaiknya dilakukan agar mampu menciptakan kesan yang baik.

Saking membingungkan, sebagian orang bahkan sering melakukan beberapa tindakan dan perkataan yang berlebihan.

Alih-alih membangun citra yang baik, pegawai kantor yang lain akhirnya malah tidak suka dengan perilaku yang ditunjukkan.

 

Apa saja hal-hal yang harus Anda hindari? Melansir Business Insider, ini beberapa tips seperti ditulis Jumat (29/4/2016):

1. "Di pekerjaan terakhir saya"

Setiap kantor memiliki budaya tersendiri. Mengatakan hal ini sama saja Anda tidak menghargai kultur perusahaan yang baru. Dari pada membanding-bandingkan, Anda dapat mencoba untuk beradaptasi di lingkungan kantor yang baru

2. "Kapan saya akan naik gaji?"

Bertanya akan hal ini akan membuat Anda mendapat cap negatif di kantor. Sebaiknya, Anda dapat memperlihatkan terlebih dahulu performa dan hasil kerja yang dimiliki. Nanti, perusahaan akan mampu menilai hasil kinerja yang Anda tunjukkan.

2 dari 3 halaman

Sepertinya saya harus pergi...

3. "Sepertinya saya harus pergi akhir minggu ini…"

Setiap orang memiliki kesibukannya masing-masing. Akan tetapi, meminta izin di awal masuk kerja hanya akan membuat citra buruk Anda di kantor. Sebaiknya, Anda tahan dulu keinginan tersebut hingga melihat kondisi yang tepat.

4. "Siapa yang saya harus hindari di sini?"

Setiap pegawai memiliki wataknya masing-masing. Agar mampu dicap sebagai pegawai yang baik, Anda harus mampu memiliki kemampuan adaptasi yang baik. Bertanya hal ini sama saja akan menjatuhkan rekan kerja Anda yang lain.

3 dari 3 halaman

Ya ampun saya suka sekali...

5. "Ya ampun, saya suka sekali…"

Sebagian besar pegawai akan mencoba untuk mengetahui lebih dekat bagaimana kultur kerja kantor. Tapi tidak jarang dari mereka sering melebih-lebihkan hal tersebut. Alih-alih suka, pegawai lain malah tidak senang dengan tingkah yang ditunjukkan.

6. "Dulu bukan begitu saya diajarkan..."

Perkataan ini juga tidak boleh Anda katakan di hari pertama kerja. Sebagai seorang pegawai baru, sudah selayaknya Anda mampu untuk menghargai setiap cara dan metode baru yang Anda ketahui. (Vna/Ahm)

 

Loading