Sukses

Mau Kerja Produktif di Awal Pekan? Pakai 6 Cara Ini

Liputan6.com, Jakarta - Semua orang memiliki tantangan sendiri ketika bekerja. Salah satu tantangan besar yang sering dihadapi adalah sulitnya berkonsentrasi ketika bekerja.

Bagi pegawai yang baru masuk kantor di awal pekan, mereka seringkali merasa sulit untuk bekerja dengan produktif. Lalu cara apa saja yang dapat dipakai agar mampu bekerja dengan lebih produktif? Mengutip Forbes, Senin (25/4/2016) berikut ulasannya:

1. Bekerja dengan efisien

Bekerja dengan efisien berarti Anda mampu memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menyelesaikan suatu pekerjaan dengan baik dan tidak membuang waktu untuk mengerjakan pekerjaan yang sama dua kali. Agar mampu melakukan hal ini, Anda harus mampu meningkatkan ketelitian dalam bekerja.

2. Selesaikan pekerjaan yang lebih susah terlebih dahulu

Agar mampu lebih produktif dalam bekerja berarti Anda harus mampu untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai waktu yang diberikan. Terkadang banyak orang yang sulit untuk melakukan hal ini.

Satu hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan menyelesaikan pekerjaan yang susah terlebih dahulu. Dengan begini Anda pun dapat memanfaatkan waktu yang tersisa untuk mengerjakan pekerjaan yang lebih mudah.

2 dari 3 halaman

Tahu prioritas

3. Tahu prioritas

Setiap pekerjaan memiliki prioritas sendiri-sendiri. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui pekerjaan mana yang memiliki prioritas paling tinggi. Pekerjaan yang memiliki prioritas lebih tinggi sebaiknya Anda selesaikan terlebih dahulu.

4. Jangan takut katakan tidak

Setiap orang memiliki kemampuan tersendiri dalam menyelesaikan pekerjaan. Agar mampu bekerja dengan lebih produktif, Anda harus bisa mengetahui sampai sejauh mana kemampuan dalam bekerja.

Apabila ada sebuah pekerjaan yang sekiranya tidak dapat Anda selesaikan, maka jangan ragu untuk berkata tidak dan menolak dengan halus.

3 dari 3 halaman

Cek email

5. Jangan selalu mengecek email

Email merupakan satu gangguan yang sering Anda temui ketika bekerja. Untuk menanggulangi hal ini, Anda dapat mengakomodir satu waktu tertentu untuk mengecek email. Hal ini dapat membantu untuk bekerja lebih produktif.

6. Hindari multitasking

Hal lain yang dapat mengganggu produktivitas adalah mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus. Akan sangat sulit bagi Anda untuk membagi fokus ke dalam beberapa pekerjaan sekaligus. Memaksa diri untuk mengerjakan banyak hal sekaligus hanya akan menghambat Anda dalam menyelesaikan pekerjaan yang ada. (vna/nrm)

Loading