Sukses

7 Negara dengan Proyek Infrastruktur Terbesar di Dunia

Selain memiliki manfaat yang besar, infrastruktur juga menjadi faktor penentu keberhasilan perekonomian suatu negara.

Liputan6.com, Jakarta - Besarnya dana yang digelontorkan dalam pembangunan infrasruktur menjadi indikator bahwa suatu negara sangat berdedikasi dalam memberikan fasillitas terbaik bagi warganya.

Selain memiliki manfaat yang besar, infrastruktur juga menjadi faktor penentu keberhasilan perekonomian suatu negara. Pembangunan infrastruktur yang pesat dapat mendorong pemasukan negara dan menjadi suntikan positif pada perekonomian di negara tersebut.

Mengutip insidermoney, Selasa (16/2/2016) berikut 7 negara dengan pembangunan infrastruktur terbesar di dunia:

7. Jerman

Nilai investasi infrastruktur: US$ 20,2 miliar

Setelah penggabungan kekuasaan pada tahun 1871, pemerintah jerman memiliki tanggung jawab besar untuk memperbaiki infrastruktur di kawasan Jerman timur.

Namun dengan tekad yang besar dan kegigihan yang tinggi mereka mampu menggenjot pembangunan infrastruktur negaranya hingga kini.

6. Rusia

Nilai investasi infrastruktur: US$ 21,7 miliar

 

Menjadi negara dengan luas wilayah terbesar di dunia menjadi tantangan sendiri bagi pemerintah Rusia untuk melakukan pembangunan infrastruktur secara merata.

Untuk itu pemerintah Rusia membagi pembangunan infrastrukturnya ke dalam beberapa bagian berbeda.

5. Australia

Nilai investasi infrastruktur: US$ 23,69 miliar

Dengan wilayah yang luas, Australia mungkin dikenal sebagai salah satu negara yang sebagian besar wilayahnya merupakan dataran yang tidak terpakai.

Namun pemerintahnya terus mengerahkan cara agar pembangunan infrastruktur di negara tersebut dapat maksimal. Terbukti, Australia merupakan negara dengan investasi terbesar di pembangunan infrastruktur jalan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prancis

4. Prancis

Nilai investasi infrastruktur: US$ 25,6 miliar

Sebagian besar jumlah investasi infrastruktur di Prancis digunakan untuk membangun rel kereta. Pembangunan infrastruktur di negara ini telah dibangun oleh pemerintah sejak waktu yang lama sehingga kini Prancis merupakan salah satu negara dengan infratruktur termewah di dunia.

3. Jepang

Nilai investasi infrastruktur: US$ 53,6 miliar

Sebagai salah satu negara maju di bidang teknologi, tidak heran negara ini mampu memiliki infrastruktur tercanggih di dunia. Sebagian besar investasi di bidang infrastruktur dimanfaatkan untuk merestrukturisasi dan memelihara infrastruktur yang ada.

2. Amerika Serikat

Nilai investasi infrastruktur: US$ 93,2 miliar

Negara adidaya ini tidak tanggung-tanggung mengeluarkan uangnya untuk membiayai pembangunan infrastruktur di negara tersebut.

Amerika Serikat mampu menjadi pemain besar hampir di segala lini infrastruktur. Dalam pembangunan jalan saja misalnya, lebih dari 90 persen jalan yang ada di AS sudah terintegrasi sebagai jalan bebas hambatan (expressways).

1. China

Nilai investasi infrastruktur: US$ 157 miliar

China berhasil menempati posisi pertama sebagai negara dengan nilai investasi infrastruktur terbesar di dunia. Negara ini telah menjadikan sektor infrastruktur sebagai bahan baku penggerak perekonomian nasionalnya.

Pembangunan infrastruktur yang pesat berhasil mendongkrak GDP negara ini sebanyak 10  persen selama satu dekade terakhir. (Vna/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini