Sukses

Hujan Terus Menerus Bisa Bikin Harga Bahan Pokok Melonjak

Masyarakat diminta tidak terpengaruh dengan membeli bahan kebutuhan pokok dan sayuran secara berlebihan.

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) memastikan hujan dan banjir yang terjadi sejak 2 hari lalu belum memberikan pengaruh terhadap pasokan dan harga bahan kebutuhan pokok di pasar tradisional.

Sekretaris Jenderal APPSI Ngadiran mengatakan meski hujan turun terus menerus dan banjir telah mengenangi beberapa titik di wilayah ibukota, namun hal tersebut belum memberikan pengaruh kepada harga bahan kebutuhan pokok dan sayuran di pasaran.

"Pasokan dan harga masih normal. Belum ada laporan juga (soal lonjakan harga)," ujarnya di Jakarta, Selasa (10/2/2015).

Namun Ngadiran memperkirakan, jika hujan dan banjir masih terus berlangsung, maka dampak terhadap pasokan dan harga baru akan dirasakan pada esok atau lusa.

"Karena ini kan baru, banjir kan baru mulai kemarin. Jadi kalau memang berdampaknya biasanya baru akan terjadi besok atau lusa," lanjutnya.

Meski demikian, dia berharap masyarakat tidak terpengaruh dengan membeli bahan kebutuhan pokok dan sayuran secara berlebihan sehingga dapat memicu aksi ambil untung oleh sejumlah pihak dengan menaikan harga.

"Yang jelas, kendala pasokan pasti ada karena hujan dan banjir dimana-mana, tetapi kita berharap masyarakat tidak perlu risau. Kalau risau nanti ada yang mengambil kesempatan. Masyarakat harus tenang, jangan terprovokasi karena banjir kemudian kurang pasokan nanti malah ada yang mengambil keuntungan," tandasnya. (Dny/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini