Sukses

Wilayah Perbatasan Butuh Anggaran Rp 1,3 Triliun untuk Listrik

Kementerian ESDM mengajukan tambahan anggaran Rp 1,3 triliun ke Komisi VII DPR untuk mengaliri listrik di wilayah terdepan dan perbatasan.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) mengajukan tambahan anggaran Rp 1,3 triliun ke Komisi VII DPR untuk mengaliri listrik di wilayah terdepan dan perbatasan.

Direktur Jenderal Ketenaga Listrikan Kementerian ESDM, Jarman mengungkapkan, dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2015 sektor kelistrikan mendapat anggaran Rp 3,86 triliun, jika ditambah Rp 1,3 triliun maka total anggaran dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2015  mencapai Rp 5,3 triliun.

"Total anggaran jadi Rp 5,3 triliun, tambahan APBN-P 1,3 triliun," kata Jarman, saat rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (21/1/2015).

Jarman merinci dana Rp 3,86 triliun antara lain Rp 2,5 triliun untuk listrik desa, pembangunan transmisi Rp 1,7 triliun dan operasi instansi Rp 200 miliar.

Sedangkan tambahan anggaran yang diajukan Rp 1,3 trilun tersebut, untuk melistriki wilayah terdepan dan perbatasan, terdiri dari Rp 1 triliun untuk pembangkitan dan Rp 300 miliar untuk pembangunan infrastruktur pendukung.

"APBN-P tambahan Rp 1,3 triliun, Rp 1 triliun untuk mendukung program pemerintah melistriki perbatasan pulau terluar," paparnya.

Dengan begitu, menurut Jarman tidak ada lagi ketimpangan energi lain antara wilayah perbatasan dengan negara tetangga yang terang benderang.

"Sehingga bisa nyala, jangan sampai di perbatasan di luar Indonesia terang di dalam gelap karena itu kami usulkan Rp 1 triliun untuk pulau terluar, Rp 300 miliar untuk mendukung," pungkasnya. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.