Sukses

Akhir April, IMF Bakal Jawab Permintaan Pinjaman Ukraina

Pekan ini, pemerintah Ukraina mengirimkan permohonan dana pinjamam dari IMF untuk menyokong perekonomiannya yang tengah goyah.

Liputan6.com, Washington - Lembaga keuangan global Dana Moneter Internasional (IMF) akan mengambil keputusan final rencana penyelamatan besar perekonomian Ukraina pada 30 April. Pekan ini, pemerintah Ukraina mengirimkan permohonan dana pinjamam dari IMF untuk menyokong perekonomiannya yang tengah goyah.

Seperti dikutip dari SBS News, Jumat (25/5/2014), sebelumnya IMF setuju memberikan dana pinjaman bertahap untuk Ukraina sekitar US$ 14 miliar hingga US$ 18 miliar selama dua tahun. Itu merupakan paket bantuan yang dikeluarkan IMF untuk negara yang tengah terlibat konflik demgam Rusia itu.

Jumlah tersebut merupakan bagian dari rencana pengucuran dana sebesar US$ 27 miliar yang diumumkan akhir bulan lalu. Tindakan ini diambil untuk membantu pemerintah baru Ukraina mendanai reformasinya.

Rencana selanjutnya termasuk kontribusi dari Amerika Serikat, Eropa Barat dan bantuan lainnya.

Juru Bicara IMF Gerry Rice masih belum bisa mengatakan jumlah tepat yang akan digelontorkan dalam program lembaga keuangan global tersebut.

Sejak mengeluarkan dana talangan pertamanya, IMF terus mendorong sejumlah negara dan lembaga lain guna mengurangi jatah bantuannya.

Sementara dikonfirmasi mengenai rencana penyelamatan di tengah ketegangan tersebut, Rice mengatakan, IMF bukanlah pihak baru yang mampu bekerja di lingkungan konflik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini