Sukses

Windows Phone Tumbangkan iOS di Wilayah Ini

Di negara latin seperti Chili, Kolombia, Peru dan Meksiko, Windows Phone dikabarkan mulai mendominasi pasar sistem operasi.

Beberapa tahun lalu, Windows Phone masih menjadi sistem operasi yang kurang populer. Namun, belakangan sistem operasi mobile besutan Microsoft itu memperlihatkan pertumbuhan yang signifikan.

Sebuah hasil riset terbaru yang dirilis International Data Corporation (IDC) menunjukkan bahwa Windows Phone tumbuh subur di wilayah Amerika Latin. Bahkan, platform mobile itu dilaporkan telah sukses menggeser sistem operasi iOS besutan Apple dan menduduki posisi kedua di bawah Android sebagai platform terbesar di regional tersebut.

Di negara latin seperti Chili, Kolombia, Peru, Meksiko dan beberapa negara lain di wilayah Amerika Latin, Windows Phone dikabarkan mulai mendominasi pasar sistem operasi. Menurut data IDC, Windows Phone secara konsisten tumbuh hingga sekitar 20% di tiap tiga kuartal terakhir. Capaian tahunannya sendiri telah tumbuh hingga 156%.

"Penjualan produk berfitur lengkap dengan harga terjangkau membantu Windows Phone tumbuh subur. Misalnya Nokia Lumia 520 jadi smartphone murah yang menawarkan fitur lengkap berharga terjangkau," papar Oliver Flores, Regional Manager untuk Mobile Phones IDC Amerika Latin yang dilansir laman GSM Arena, Senin (25/11/2013).

Sedangkan di pasar global, menurut lembaga analisa Gartner, platform asal Redmond itu telah menguasai 3,6% pangsa pasar smartphone dunia di kuartal ketiga 2014. Jumlahnya sendiri mencapai hampir 9 juta perangkat yang dikirim pada periode tersebut.

Gartner juga mengungkap bahwa platform Windows Phone mengalami pertumbuhan signifikan dari periode yang sama tahun lalu. Kala itu, Windows Phone hanya menguasai 2,3% pangsa pasar dengan pengiriman 3,9 juta unit smartphone. (den/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini