Sukses

Hemat Baterai iPhone Anda dengan Trik Sederhana Ini!

Bagi kamu yang ingin baterai iPhone menjadi lebih awet, simak tipsnya dari artikel berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - iPhone memiliki segudang fitur dengan berbagai keunggulannya, seperti memberikan sentuhan tampilan yang lebih segar dan fitur yang mempermudah aktivitas sehari-hari.

Kendati demikian, tak jarang beberapa fitur yang dihadirkan iPhone justru dapat membuat baterai cepat terkuras. Baterai yang cepat habis tentu dapat mengganggu pengalaman penggunaan iPhone.

Dalam artikel ini, Tekno Liputan6.com akan memberikan tips untuk mengatur dua fitur di iPhone agar baterai dapat bertahan lebih lama.

Hapus Widget untuk Tingkatkan Ketahanan Baterai

Salah satu fitur terbaru di iOS adalah widget. Fitur ini berfungsi menampilkan informasi singkat di layar beranda dan layar kunci iPhone kamu, seperti menampilkan jam, cuaca, musik yang sedang diputar, dan lain sebagainya.

Kendati demikian, mengutip dari CNET, Jumat (10/5/2024), fitur ini membuat baterai iPhone kamu lebih cepat terkuras. Sebab, widget yang terpasang berjalan secara otomatis di latar belakang, serta mengambil data dan informasi yang membutuhkan daya lebih.

Bagi kamu yang ingin baterai iPhone kamu lebih awet, sebaiknya hindari penggunaan widget, termasuk widget di layar kunci maupun di layar beranda.

Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan beralih ke profil layar kunci lainnya. Caranya, tekan jari ke bawah pada layar kunci yang ada, lalu geser ke sekeliling untuk memilih satu layar kunci yang tidak memiliki widget apa pun.

Jika kamu ingin menghapus widget di layar kunci, caranya mudah. Ikuti langkah berikut:

  1. Tahan jari di layar kunci,
  2. Klik Costumize,
  3. Pilih Lock Screen Option,
  4. Ketuk widget yang terpampang,
  5. Kemudian klik tombol "-" di setiap widget untuk menghapus widget tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Matikan Fitur Haptic Keyboard

Selain itu, ada pula fitur lain yang tidak disadari dapat menguras baterai iPhone dengan cepat, yaitu haptic feedback.

Fitur ini pertama kali dihadirkan di iOS 16, dan berfungsi untuk menghadirkan sensasi seperti mengetuk tombol sungguhan saat mengetik di keyboard.

Fitur ini ternyata dapat menguras baterai iPhone dengan cepat. Menurut Halaman Dukungan Apple, haptic feedback berdampak pada daya tahan baterai di iPhone.

Meski tidak ada rincian soal daya baterai yang terkuras oleh fitur keyboard ini, kamu bisa mematikan fiturnya untuk mendapatkan masa pakai lebih lama. Untuk mematikan fitur Haptic Feedback, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Pergi ke Settings,
  2. Ketuk Sounds & Haptics,
  3. Klik Keyboard Feedback,
  4. Matikan fitur Haptic.
 
3 dari 4 halaman

Apple Ingatkan Pengguna Tak Ngecas iPhone Semalaman

Tidak hanya itu, Apple ingatkan pengguna agar tidak mengecas baterai iPhone hingga semalaman. Perusahaan meminta agar pengguna tidak membiarkan perangkat mereka terhubung dengan charger semalaman alias Apple mengingatkan pengguna tidak ngecas iPhone semalaman.

Peringatan ini bukanlah tanpa alasan, karena ternyata kebiasaan mengisi daya iPhone semalaman dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan baterai dan masa pakai perangkat.

Mengutip Apple Insider, Senin (29/4/2024), dalam panduan resmi yang dirilis oleh Apple, perusahaan tersebut menjelaskan bahwa mengisi daya iPhone semalaman dapat menyebabkan baterai menjadi terlalu panas alias overheating. 

Pada gilirannya, panas berlebih dapat merusak baterai dan mempercepat penurunan umur perangkat.

Oleh karena itu, Apple merekomendasikan pengguna untuk mengisi daya iPhone hanya saat diperlukan, dan sebaiknya tidak melebihi 80 persen kapasitas baterai.

4 dari 4 halaman

Sarankan Pengguna Hindari Pakai Charger Tak Resmi

Selain itu, Apple juga menyarankan agar pengguna menghindari penggunaan charger pihak ketiga yang tidak resmi.

Hal ini karena charger yang tidak resmi dapat menyebabkan masalah keamanan dan dapat merusak baterai serta perangkat iPhone.

Apple merekomendasikan penggunaan charger resmi yang telah diuji dan disetujui oleh perusahaan.

Menurut Apple, mengisi daya iPhone semalaman juga dapat mempengaruhi performa baterai.

Baterai yang terlalu sering diisi daya secara berlebihan dapat mengalami degradasi yang lebih cepat.

Ini berarti bahwa baterai akan kehilangan kapasitasnya seiring berjalannya waktu, dan pengguna akan mengalami penurunan daya tahan baterai yang signifikan.

Untuk menjaga kesehatan baterai dan memperpanjang umur perangkat, Apple merekomendasikan beberapa langkah yang dapat diambil oleh pengguna iPhone.

  • Tips isi daya iPhone dari Apple:
  • Mengisi daya iPhone hanya saat diperlukan dan tidak melebihi 80 persen kapasitas baterai.
  • Menggunakan charger resmi yang telah diuji dan disetujui oleh Apple.
  • Menghindari penggunaan charger pihak ketiga yang tidak resmi.
  • Menjaga suhu perangkat agar tetap stabil, terutama saat penggunaan intensif atau saat mengisi daya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.