Sukses

Penjualan Smartphone Menurun, Pasar Korsel Mulai Jenuh?

Pasar smartphone di Korea Selatan diprediksi akan mengalami penurunan yang cukup signifikan pada tahun 2013.

Siapa tak kenal LG dan Samsung? Kedua perusahaan asal Korea Selatan ini telah menjadi bagian dari raksasa yang ada di industri elektronik dan telekomunikasi dunia. Namun, dominasi yang semakin besar ternyata tak sesuai dengan pertumbuhan pasar di negaranya.

Sebuah riset pasar menyebutkan pasar smartphone di Korea Selatan diprediksi akan mengalami penurunan yang cukup signifikan pada tahun 2013. Fakta terbaru soal pasar smartphone di Negeri Ginseng diungkap oleh Yonhap News.

Riset yang dilakukan Strategy Analytics itu memperlihatkan angka penjualan ponsel pintar di Korea Selatan menurun dibandingkan tahun lalu. Disebutkan penjualan smarpthone di Negeri Ginseng tersebut pada tahun ini sekitar 26,3 juta unit, sedangkan tahun lalu sekitar 30,7 juta unit.

Lembaga riset tersebut juga menyatakan bahwa pasar smartphone di sana mulai mengalami kejenuhan akibat saturasi smartphone dan penetrasi yang terlalu besar pada tahun lalu.

Meskipun begitu, hasil riset ini masih diragukan oleh sekelompok pihak. Laporan yang menyatakan pasar ponsel Korea Selatan yang mencapai titik puncak dianggap terlalu cepat dibandingkan negara lain dan dianggap tak mungkin.

Di luar itu, LG dan Samsung yang menjadi vendor ponsel raksasa dunia telah menargetkan penjualan Galaxy Note 3 dan LG G2 sebanyak 10 juta unit hingga akhir tahun ini. Lantas, apakah kondisi pasar yang jenuh di kampung halamannya itu berdampak buruk pada pencapaian targetnya? Kita lihat saja nanti. (den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini