Sukses

Vodafone Rilis Charger Unik Bersumber Daya Panas Tubuh

The Power Pocket Charger besutan Vodafone ini juga hadir dengan desain unik, yaitu berupa sebuah saku celana dan kantong tidur.

Charger atau perangkat pengisi daya ulang baterai menjadi sebuah produk yang sangat penting dimiliki oleh para pengguna gadget saat ini. Tren charger portabel yang dikenal dengan nama powerbank menjadi alternatif yang sangat efesien. Namun, charger yang satu ini dipastikan jauh lebih efesien dan inovatif dibandingkan jenis charger portabel lainnya.

Dilansir laman Pocket-lint, Selasa (2/7/2013), perusahaan teknologi asal Inggris Vodafone baru-baru ini berkerjasama dengan sejumlah ilmuwan dari University of Southhampton mengembangkan sebuah produk charger inovatif yang memanfaatkan panas tubuh manusia sebagai sumber dayanya.

Salah satu anggota tim, Profesor Stephen Beeby dari University of Southampton mengatakan: "Di dalam tubuh manusia terdapat dua sisi berlawanan dari lapisan dalam dan luar, yakni sisi panas dan sisi dingin. Ketika Anda memasukkan ponsel ke dalam saku, maka panas tubuh lama-lama akan terserap dan dapat menghasilkan tegangan listrik untuk mengisi ulang baterai ponsel."

Charger yang oleh Vodafone diberi nama The Power Pocket Charger ini juga hadir dengan desain yang sangat unik, yaitu berupa sebuah saku celana dan kantong tidur (sleeping bag). Baik saku celana dan kantong tidur tersebut terbuat dari sebuah bahan bernama termokopel. Termokopel sendiri adalah bahan termoelektrik yang sangat fleksibel dan efektif menghantarkan panas.

Cara kerja charger ini sangat simpel. Suhu panas tubuh pengguna akan dialirkan melalui lapisan dalam termokopel saku celana atau kantong tidur, kemudian suhu panas tersebut akan diubah menjadi tenaga listrik yang digunakan untuk mengisi ulang daya baterai. (dhi/gal/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini