Sukses

Eksekutif Xbox: Spesifikasi Tak Penting, Judul Video Game Vital

Para pengamat industri game kerap membandingkan spesifikasi yang diusung oleh Xbox One dan PS 4 untuk menentukan mana yang terbaik.

Di segmen pasar konsol game, Sony dan Microsoft merupakan dua rival yang selalu bersaing dengan ketat. Kedua konsol game besutan mereka, PlayStation (PS) dan Xbox, telah tiga generasi berturut-turut saling berebut posisi terpopuler.

PlayStation 2 bersaing ketat dengan Xbox. Kemudian PlayStation 3 berhadapan dengan Xbox 360. Kini yang terbaru adalah 'duel' konsol game generasi berikutnya, PlayStation 4 vs Xbox One.

Spesifikasi teknis merupakan tolak ukur utama dari sebuah perangkat canggih. Para pengamat industri game kerap membandingkan spesifikasi yang diusung oleh Xbox One dan PS 4 untuk menentukan mana yang terbaik. Namun hal tersebut ternyata dianggap hanya membuang waktu dan percuma saja oleh salah seorang Eksekutif Xbox, Albert Penello.

Dilansir laman Neowin, Senin (1/7/2013), Penello menyatakan bahwa membandingkan spesifikasi Xbox One dan PS4 tidak akan ada artinya. Ia meyakini para gamer akan memilih sebuah konsol game berdasarkan judul video game yang tersedia, bukan spesifikasi teknis di atas kertas.

Menurutnya, dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat seperti sekarang, dunia konsol game sudah jauh berbeda dengan era 90-an. Saat itu kualitas sebuah konsol game dinilai dari kemampuannya menghadirkan tampilan grafis dan gameplay sistematis, rata-rata konsol game di era itu mengadopsi 16 bit hingga 32 bit.

Penello juga mengklaim bahwa pada dasarnya spesifikasi antara Xbox One dan PS 4 tidak terlalu jauh berbeda. Hanya saja sejumlah teknologi besutan masing-masing vendor akan memberikan sedikit perbedaan.

Pernyataan Penello ini merupakan tanggapan dari sebuah tulisn yang dimuat oleh situs teknologi ternama AnandTech. Di salah satu lamannya AnandTech memuat sebuah tulisan yang membuktikan dapur pacu yang disematkan pada PS 4 lebih cepat dibandingkan yang dimiliki Xbox One. (dhi/gal/*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.