Sukses

Makin Seru, Gamer PS5 Bisa Undang Teman Main Game Multiplayer via Aplikasi PlayStation

Sony mengumumkan fitur baru untuk PlayStation 5 (PS5), yang memungkinkan kamu mengundang atau mengajak teman ke dalam game multiplayer via aplikasi PlayStation.

Liputan6.com, Jakarta - Sony mengumumkan fitur baru untuk PlayStation 5 (PS5), yang memungkinkan kamu mengundang atau mengajak teman ke dalam game multiplayer, bahkan saat mereka tidak sedang menggunakan konsol atau aplikasi PlayStation.

Fitur ini bisa diakses via aplikasi PlayStation, di mana kamu bisa membagikan tautan ke orang lain secara online.

Saat penerima tautan, mereka akan dapat masuk ke sesi multiplayer. Kamu bahkan tidak harus mengirimkan kode numerik yang panjang seperti Nintendo.

Cara ini dinilai sangat memudahkan gamer. Misalnya, ketika kamu bertemu dengan sejumlah orang di media sosial dan ingin terjun ke dalam permainan dengan cepat, kamu tak perlu harus bolak-balik memasukkan nama pengguna.

Fitur tersebut akan memberikan kode QR beserta tautannya, sesuatu yang sudah familiar bagi pemilik PS5 saat bermain game multiplayer.

Dikutip dari Engadget, Jumat (3/5/2024), ada beberapa hal yang perlu dicatat. Fitur ini baru akan hadir di akhir 2024 dan hanya untuk game PS5.

Sony juga memperingatkan bahwa beberapa judul game mungkin memerlukan pembaruan sebelum semuanya berfungsi dengan lancar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fitur Khusus di Discord

Tentu saja, sebagian besar game PS5 memerlukan langganan PlayStation Plus untuk menggunakan multiplayer, dan harga langganan tersebut naik tahun lalu.

Sony bahkan telah mengembangkan widget khusus untuk undangan multiplayer di Discord. Saat kamu membagikan tautan melalui Discord, widget secara otomatis akan di-update untuk menunjukkan apakah sesi multiplayer masih berlangsung atau tidak.

Sama seperti fitur undangan yang akan datang, widget Discord hanya tersedia untuk game PS5.

3 dari 4 halaman

Stellar Blade Hadir di PS5

Di sisi lain, Stellar Blade menjadi salah satu game eksklusif PlayStation 5 (PS5), dan paling ditunggu peluncurannya pada tahun 2024 ini.

Bersamaan dengan rilisnya Stellar Blade di PS5, Sony Interactive Entertainment (SIE) menggelar kampanye untuk memeriahkan peluncuran game besar mereka tahun ini di Indonesia.

Dibuat oleh studio pengembang rekanan mereka, ShiftUp, SIE akan mengadakan event offline menyambut peluncuran game Stellar Blade ini pada Sabtu, 27 April 2024.

Rencananya, perusahaan asal Jepang tersebut akan mengelar event Stellar Blade ini di GSSHOP, Gandaria City dari pukul 13.00 hingga 16.00 WIB.

Menariknya, event peluncuran game baru Sony ini juga akan menampilkan salah satu talenta cosplayer di Indonesia, yakni Larissa Rochefort.

Di event ini, 150 gamer beruntung dapat meet and greet dengan Larissa yang cosplaying sebagai Eve--karakter utama di game Stellar Blade--lengkap dengan kostum ikoniknya.

Stellar Blade sendiri berkisah di masa depan, di mana umat manusia melarikan diri ke Koloni di luar angkasa meninggalkan Bumi.

Kini ditinggali oleh makluk aneh dan kuat, Eve sebagai bagian dari Pasukan Lintas Udara ke-7 menyelamatkan umat manusia dengan mengambil alih kembali bumi dari tangan Naytiba-–kekuatan jahat yang telah menghancurkannya.

Dalam sepanjang permainan, Eve dan player akan mengungkap misteri masa lalu tentang kemunculan Naytiba dan bagaimana Bumi bisa hancur seperti saat ini.

Selain itu, SIE juga membagikan informasi tentang pencapaian perusahan selama setahun belakangan ini. Salah satunya tentang bagaimana larisnya konsol PS5 di pasaran.

"Lebih dari 54,8 juta unit konsol PS5 terjual secara global hingga saat ini," kata tim SIE saat ditemui di Jakarta, Kamis (25/4/2024).

Sayangnya, mereka tidak mengungkap dari total tersebut berapa persen angka penjualan PS5 di Indonesia. Tak hanya itu, mereka juga mengatakan, "Marvel Spider-Man 2 menjadi salah satu game paling laris, dengan 2,5 juta kopi terjual dalam waktu 24 jam."

4 dari 4 halaman

Infografis dampak bermain video game berlebihan (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.