Sukses

Pemilik iPhone Keluhkan Update iOS 17.5 Munculkan Foto Lama yang Sudah Dihapus dari Galeri

Sejumlah pemilik iPhone mengeluhkan bahwa foto lama mereka yang sudah dihapus muncul lagi setelah update ke iOS 17.5.

Liputan6.com, Jakarta - Apple tampaknya memiliki bug yang menyipan kembali data yang dikira sudah hilang oleh pemilik iPhone. Beberapa pemilik iPhone melaporkan, setelah update iPhone mereka ke iOS 17.5, foto yang sudah dihapus justru muncul kembali.

Informasi ini ditemukan dalam sebuah utas di Reddit oleh MacRumors. Penguji beta iOS memiliki keluhan yang sama tentang bug tersebut, pada minggu lalu.

Mengutip The Verge, Jumat (17/5/2024), orang-orang yang melaporkan bug tersebut mengatakan, mereka melihat foto lama muncul di album Recent mereka setelah melakukan update iOS 17.5.

Sekadar informasi, iOS memang memberikan pengguna opsi untuk memulihkan foto yang dihapus, namun setelah 30 hari, foto-foto tersebut seharusnya terhapus secara permanen.

Orang yang memulai utas tersebut mengklaim, foto yang mereka hapus dari galeri iPhone bertahun-tahun lalu kembali muncul di ponsel mereka.

Sementara, pengguna Reddit lainnya mengatakan, mereka melihat foto dari 2016 muncul sebagai gambar baru, namun para pengguna ini tidak yakin pernah menghapusnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

300 Foto Lama yang Dihapus Muncul Lagi di Galeri iPhone

Lalu, ada pula yang mengklaim dalam unggahan selanjutnya, ada sekitar 300 foto lama mereka muncul di iPad yang telah mereka hapus sebagai panduan Apple dan dijual kepada seorang teman.

Bug ini pun mungkin tidak seberbahaya dari yang terdengar. Pasalnya, data komputer sebenarnya tidak pernah benar-benar dihapus hingga ditimpa dengan 1 dan 0 baru. Sistem operasi hanya memangkas referensi ke data tersebut.

Seorang pengguna juga mengatakan, mereka melihat foto kembali meskipun tidak menyinkronkan ponsel mereka atau memakai iCloud, yang mengisyaratkan bahwa foto-foto tersebut mungkin berasal dari penyimpanan di perangkat.

 

3 dari 4 halaman

Tak Hanya Munculkan Foto Tapi Rekaman

Meski begitu, Apple tak segera menanggapi permintaan komentar atas hal ini.

Masalah ini kemungkinan tidak hanya terjadi spesifik pada foto, karena seorang warganet mengunggah di X alias Twitter bahwa mereka melihat pesan suara lama, kembali lagi setelah iPhone di-update ke iOS 17.5.

Sejumlah beta tester juga mengatakan hal yang sama tentang beta iOS 17 sebelumnya.

 

4 dari 4 halaman

Deretan Fitur Baru di iOS 17.5

Melalui update iOS 17.5, Apple menghadirkan sejumlah pembaruan. Salah satunya adalah dukungan cross-platform untuk deteksi pelacak yang tidak diinginkan.

Perlu diketahui, fitur ini hadir berkat kolaborasi antara Apple Bersama Google. Jadi, fitur ini memungkinkan Find My dari Apple dan Find My Device milik Google bekerja sama menghalau upaya pelacakan yang tidak diinginkan.

Untuk itu, nantinya penggguna akan menerima notifikasi apabila menemukan ada pelacak (tracker) asing tampak bergerak Bersama mereka, tak peduli sistem operasi yang digunakan perangkat tersebut.

Bersama update iOS ini, pengguna iPhone di wilayah Uni Eropa juga dapat mengunduh aplikasi langsung dari situs web pengembang, tak perlu melalui App Store atau toko aplikasi pihak ketiga. Ini merupakan fitur yang disebut sudah cukup dinantikan para pengguna iPhone.

Selain itu, update ini juga membawa pembaruan untuk aplikasi Apple News. Sebab, kini pengguna Apple News bisa mengakses konten tanpa koneksi internet di News Plus dan Today feed.

Apple juga menghadirkan sejumlah perbaikan keamanan bersama dengan update iOS 17.5 ini. Adapun untuk melakukan pembaruan ini, pengguna tinggal membuka aplikasi Settings, lalu General dan pilih Software Update.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.