Sukses

iOS 18 Bakal Bawa Perubahan Besar-Besaran untuk Pengguna iPhone

Menurut sejumlah bocoran, Apple akan menghadirkan perubahan besar-besaran untuk iOS 18 yang kemungkinan akan diperkenalkan di pertengahan 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Apple dilaporkan bersiap untuk meluncurkan iOS 18 pada gelaran WWDC 2024. Seperti tahun-tahun sebelumnya, besar kemungkinan event tersebut akan digelar pada Juni 2024.

Mengutip laporan terbaru dari Macrumors, Selasa (5/3/2024), iOS 18 akan hadir dengan pembaruan besar-besaran. Berdasarkan sejumlah bocoran, Apple akhirnya akan membenamkan teknologi AI di iOS.

Hal itu juga sempat diungkapkan oleh CEO Apple Tim Cook saat pertemuan tahunan dengan para pemegang saham. "Kami yakni ini akan membuka peluang yang transformatif bagi pengguna kami," tutur Tim Cook.

Selain itu, berdasarkan bocoran dari jurnalis Bloomberg Mark Gurman, iOS 18 disebut akan menjadi update software yang inovatif dengan fitur dan desain baru. Namun, informasi soal detail fitur yang diusung tidak diungkapkan.

Ia juga menyebut, iOS 18 berpotensi menjadi pembaruan software terbesar dalam sejarah iPhone, berkat deretan fitur AI yang dibenamkan.

Soal AI sendiri, Tim Cook memang pernah menyebut kalau Apple telah menginvestasikan waktu dan upaya dalam pengembangan teknologi tersebut.

AI yang dibenamkan di iOS terbaru ini disebut akan mendukung sejumlah aplikasi bawaan Apple di iPhone. Salah satunya adalah meningkatkan kemampuan Siri.

Dari sejumlah bocoran, kemampuan Siri akan semakin mumpuni berkat dukungan LLM (Large-Language Models) di asisten virtual ini. Berbekal teknologi itu, komunikasi antara pengguna dan Siri pun akan semakin baik.

Tidak hanya fitur baru, ada laporan menyebut kalau Apple akan menghadirkan perubahan sedikit perubahan desain di iOS 18.

Ada kabar yang menyebut, Apple memiliki rencana mengadopsi tampilan visionOS ke iOS 18, meski tidak sepenuhnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apple ID Bakal Berubah Jadi Apple Account di Akhir 2024?

Di sisi lain, Apple dikabarkan tengah mempertimbangkan untuk me-rebranding penamaan Apple ID menjadi Apple Account. Perubahan ini disebut-sebut bakal dilakukan akhir 2024.

Mengutip Apple Insider, Sabtu (2/3/2024), Apple ID merupakan cara bagi pengguna login ke layanan Apple Services.

Ketika sudah login ke Apple ID, pengguna bisa menggunakan ekosistem layanan dari Apple. Mulai dari Apple Music, App Store, hingga melakukan pencarian terhadap perangkat yang hilang.

Apple ID sendiri kini jadi bagian integral dari segala sesuatu yang berkaitan dengan Apple. Dengan begitu, sulit untuk mengatakan sejak kapan Apple ID ada.

Namun, pada tahun 1990-an, Apple memiliki layanan bernama eWorld yang berakhir gagal di tahun 90-an. Lalu, ada AppleLink sebagai layanan untuk dealer di tahun 80-an.

Kemudian Apple juga memiliki tools untuk login melalui iTools di tahun 2000.

Pada saat itu, layanan tersebut gratis sehingga pengguna tak perlu mendaftarkan kartu kredit mereka, dengan begitu saat itu kebutuhan akan keamanan menjadi lebih sedikit.

3 dari 4 halaman

Bakal Dirilis Bareng dengan iOS 18

Selanjutnya, iTunes Music Store muncul di tahun 2003 dan kini lebih sering disebut sebagai Apple ID. Jadi, kehadiran Apple ID kemungkinan sudah selama 21 tahun dan telah menjadi bagian dari pengguna Apple selama beberapa dekade.

Kini, seiring dengan pertimbangan perusahaan, kemungkinan nama Apple ID akan berubah jadi Apple Account.

MacRumors menungkapkan, Apple tengah mempertimbangkan mengubah Apple ID.

Apple mengharapkan rebranding tersebut dapat diluncurkan bersamaan dengan iOS 18 yang akan datang beserta macOS versi berikutnya.

Saat ini belum ada rincian alasan kenapa Apple mempertimbangkan penggantian dari Apple ID menjadi Apple Account atau kepastian apakah hal tersebut benar-benar dilakukan.

4 dari 4 halaman

Tim Cook Isyaratkan Apple Kembangkan AI Generatif?

Sekadar informasi, beberapa minggu lalu, Tim Cook menjanjikan pengumuman berkaitan tentang AI milik Apple yang akan dilakukan pada akhir tahun ini.

Kemungkinan pengumuman akan dilakukan di konferensi pengembang WWDC pada Juni nanti.

Pada saat itulah, perusahaan bakal mengungkap soal sistem operasi terbarunya, iOS 18. Menurut Mark Gurman di Bloomberg, iOS 18 salah satunya akan fokus pada AI.

Sementara, pada musim gugur lalu, Apple secara singkat telah menyebutkan AI generatif saat memperkenalkan fitur koreksi otomatis dan prediksi teks baru di platformnya.

Namun pertanyaannya, apakah Cook benar-benar akan fokus pada upaya AI di tahun ini atau ia bermaksud agar Apple membuat terobosan baru dalam teknologi AI-nya tahun ini? 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini