Sukses

Cara Transfer Foto dari Photos ke Google Gallery: Cepat, Mudah, dan Tanpa Ribet!

Meskipun Google Photos memiliki kemampuan dalam menyimpan foto secara cloud, penyimpanan cloud yang hanya 15 GB dinilai tidak cukup. Tekno Liputan6.com akan memberikan panduan tentang cara mentransfer file dari Google Photos ke Google Gallery.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, smartphone telah menjadi alat yang memiliki banyak kegunaan, salah satunya adalah untuk kebutuhan fotografi.

Masyarakat modern lebih memilih mengabadikan momen melalui smartphone karena hasil jepretan kamera smartphone saat ini sudah sangat mumpuni.

Selain kemampuan kamera yang handal, terdapat berbagai opsi pengguna dalam menyimpan foto, salah satunya adalah menyimpan melalui pencadangan cloud.

Beberapa tahun lalu, Google memperkenalkan fitur Auto Backup dari Google Photos.

Auto Backup memberikan kemampuan untuk mengunggah foto dan video dengan cepat dan mudah melalui cloud. Cukup melalui HP Android saja.

Namun fitur Auto Backup ini memiliki kelemahan, pengguna hanya bisa mencadangkan foto dan video sebesar 15 GB.

Apabila penyimpanan cloud sudah mencapai 15 GB, pengguna tidak bisa lagi menggunakan fitur Auto Backup.

Meskipun pengguna bisa meng-upgrade ke salah satu paket Google One untuk mendapatkan penyimpanan lebih besar, banyak pengguna tidak melihat ini sebagai opsi.

Jika kamu berada dalam situasi ini, terdapat opsi untuk menyimpan dan mengelola foto dan video di smartphone melalui Google Gallery.

Dikutip dari GizChina, Kamis (22/2/2024), Google Gallery merupakan alternatif untuk menyimpan foto dan video dan telah menjadi salah satu aplikasi galeri terbaik di Google Play Store.

Melalui artikel ini, Tekno Liputan6.com akan memberikan panduan tentang cara mentransfer file Anda dari Photos ke Google Gallery.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perbedaan Google Photos dan Google Gallery

Google Photos

Google Photos merupakan layanan backup foto dan video yang disediakan oleh Google. Saat ini, Google Photos adalah layanan terbaik untuk menyinkronkan dan menyimpan foto Anda, selama kamu memiliki penyimpanan yang cukup.

Google Gallery

Aplikasi galeri dari Google ini ini mengatur foto, ke dalam tiga kategori: Orang, Tempat, dan Benda. Google Gallery mampu mengenali orang, dan hewan peliharaan serta mengelola foto yang tersimpan.

Kelebihan dari Google Gallery termasuk:

  • Kemudahan dan Efisiensi: Google Gallery berfokus pada fungsinya sebagai galeri. Aplikasi ini memberikan pengalaman mengakses foto tanpa fitur yang berlebihan.
  • Kemampuan offline: Tidak seperti Google Photos, Google Gallery tidak memerlukan koneksi internet untuk mengelola foto.
  • Tampilan Antarmuka yang Bersih: Dengan tampilan yang bersih, Google Gallery memudahkan pengguna menemukan dan mengelola foto dan video.
  • Pengganti Galeri Bawaan: Aplikasi ini cocok sebagai pengganti yang bagus untuk galeri aplikasi bawaan smartphone kamu.

Google Gallery adalah galeri dengan tampilan sederhana namun efisien untuk pengelolaan foto secara offline.

Aplikasi ini adalah alternatif yang bagus bagi pengguna yang ingin mengurangi beban penyimpanan Google Foto.

3 dari 4 halaman

Cara Memindahkan Foto dari Google Photos ke Google Gallery

Apabila kamu ingin menampilkan foto secara offline ke Google Gallery, ikuti langkah berikut ini:

  1. Buka Aplikasi Google Photos di Smartphone kamu.
  2. Pastikan kamu masuk ke Akun Google yang sama dengan tempat foto disimpan.
  3. Setelah aplikasi dibuka, kamu akan dapat melihat semua gambar yang disimpan di Google Photos.
  4. Pilih foto yang ingin diunduh ke Google Gallery dan tekan tiga titik vertikal di pojok kanan atas, lalu pilih download.
  5. Kamu juga dapat menyimpan banyak foto. Caranya, pilih beberapa foto dengan menekan dan menahannya, dan klik tombol download.
  6. Setelah beberapa saat, semua foto yang diunduh akan ada di Google Gallery. Kamu akan dapat mengelolanya foto tersebut melalui aplikasi Google Gallery.

Foto yang telah terunduh juga bisa diakses melalui file manager.

Kamu juga bisa memindah foto atau video yang telah diunduh ke kartu SD atau ke PC melalui kabel USB.

Meskipun Google Photos dapat menyimpan file Anda dengan aman jika smartphone hilang atau rusak, pastikan penyimpanan cloud cukup agar foto dapat di-backup.

4 dari 4 halaman

Cara Memindahkan Foto dari Google Photos ke PC

Terdapat alternatif lain untuk menyimpan foto dari Google Photos ke PC atau Mac.

Sebelum mengikuti langkah ini, pastikan penyimpanan di PC atau Mac kamu cukup, ya.

  1. Buka halaman Akun Google dan klik “Data & Personalization.”
  2. Scroll ke bawah dan klik “Download Your Data.”
  3. Scroll ke bawah, akan muncul opsi Google Foto, klik opsi tersebut.
  4. Pindahkan halaman ke bawah dan pilih Next Step.
  5. Pilih cara yang diinginkan untuk mendownload Google Photos. Pilih opsi dari menu new dropdown.
  6. Pilih jenis file dari menu dropdown. Dengan mempertimbangkan kompatibilitas, direkomendasikan untuk mengunduh menggunakan opsi .zip.
  7. Di menu dropdown baru, kamu perlu memilih ukuran file. Untuk hasil yang terbaik, disarankan untuk memilih ukuran yang terbesar. Pastikan penyimpanan cukup.
  8. Link download file Google Photos kamu akan dikirimkan melalui email.

Proses pengiriman link memerlukan waktu sebelum link download dikirim melalui email. Biasanya memerlukan waktu beberapa hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini