Sukses

Spotify Kembangkan Fitur Playlist AI, Begini Cara Kerjanya

Spotify dikabarkan sedang mengembangkan fitur baru untuk membuat playlist menggunakan teknologi AI (kecerdasan buatan) dan petunjuknya, tetapi belum dijelaskan kapan akan diluncurkan secara global.

Liputan6.com, Jakarta - Spotify dikabarkan sedang mengembangkan fitur baru untuk membuat playlist menggunakan teknologi AI alias kecerdasan buatan.

Mengutip Tech Crunch, Minggu (17/12/2023), perusahaan mengonfirmasi bahwa fitur Playlist AI telah diuji coba secara luas. Namun, mereka tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang teknologi, cara kerja, dan waktu peluncurannya.

Fitur ini ditampilkan dalam video TikTok @robdad_, ia menulis, “Saya baru saja menemukan ChatGPT Spotify secara?”

Berdasarkan tangkapan layar yang dibagikannya, fitur playlist AI diakses dari tab Perpustakaan Anda di aplikasi Spotify dengan mengetuk tombol plus (+) di kanan atas layar.

Di sini, menu pop-up akan muncul dan fitur playlist AI dapat ditemukan di bawah opsi Playlist dan Blend.

Setelah memilih opsi playlist AI, pengguna akan disajikan layar tempat mereka dapat mengetikkan perintah ke dalam kotak bergaya chatbot AI, atau menelusuri daftar perintah yang disarankan untuk memulai.

Video tersebut juga menunjukkan ide-ide cepat seperti “fokuslah bekerja dengan instrumen elektronika”, “isi keheningan dengan musik latar kafe”, “bergairahlah dengan lagu-lagu yang menyenangkan, ceria, dan positif” dan “jelajahi genre khusus seperti Witch House .”

Setelah pengguna mengetikkan perintah, chatbot AI akan merespons dengan “Memproses permintaan Anda…”. Kemudian contoh playlist alias daftar putar hasil rekomendasi AI akan disajikan.

Pengguna bisa menggeser ke kiri lagu yang tidak diinginkan dalam daftar untuk menghapusnya. Pada bagian deskripsinya, dijelaskan pula bahwa untuk saat ini  fitur baru aplikasi streaming musik tersebut  hanya tersedia dalam bahasa Inggris.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Podcaster Kini Bisa Atur Halaman Podcast di Spotify dengan Lebih Mudah

Sebelumnya, Spotify menyatakan fase terbaru podcasting saat ini berfokus pada para kreator atau podcaster. Industri audio terbesar ini mengumumkan, perkembangan kreator terfokus pada pembaharuan di mana perusahaan memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengatur show page secara mandiri.

Para kreator juga diberi beberapa pilihan untuk mengatur halaman podcast mereka. Mulai dari menyesuaikan highlight episode spesifik, melakukan tukar promosi dengan podcaster lain, dan menampilkan spanduk promosi untuk konten berbayar mereka.

Selain itu, para podcaster juga dapat melihat data sedang tren di setiap episode dan menyantumkan sumber tayangan tertentu.

Spotify melakukan pembaharuan ini tentunya bukan tanpa tujuan. Diharapkan, lewat update ini content creator atau podcaster memiliki kontrol lebih besar terhadap tampilan konten mereka. 

Dengan demikian, pendengar akan memiliki akses ke lebih banyak informasi untuk membantu penemuan podcast.

Perubahan ini hadir pada minggu sama ketika Apple Podcast mengungkapkan pembaruan pada program berlangganannya untuk para content creator.

Perkembangan ini menunjukkan, podcast bukan lagi sekadar konten vertikal bagi perusahaan, tetapi juga platform ini ingin para podcaster melihatnya sebagai bisnis.

 

 

3 dari 4 halaman

Spotify Tambahkan Transkrip Otomatis untuk Podcast

Di sisi lain,  Spotify terus mempertahankan dominasinya di pasar streaming musik selama beberapa tahun, walau platform ini terus bersaing ketat dengan pemain besar lainnya.

Meski mendapat persaingan ketat dari Apple Music hingga YouTube Music, Spotify tetap menjadi pilihan utama bagi para podcaster. 

Walau begitu, Spotify juga tidak ingin ketinggalan dengan perkembangan teknologi saat ini seperti kecerdasan buatan (AI). Karena itu, perusahaan mengintegrasikan AI dalam aplikasinya.

Hal ini dilakukan dengan memperkenalkan terjemahan podcast berbasis AI, melalui kemitraan dengan OpenAI.

Mengutip Android Police, Minggu (1/10/2023), sebagai bentuk perayaan untuk Hari Podcast Internasional pada tanggal 30 September, Spotify mengumumkan sejumlah fitur baru tersebut akan ditambahkan ke seluruh aplikasinya.

Pertama, fitur transkrip otomatis disinkronkan dengan waktu. Fitur ini memungkinkan pengguna Spotify membaca transkrip sambil mendengarkan podcast.

Fitur baru Spotify ini ideal untuk situasi di mana mendengarkan audio tidak memungkinkan, seperti dalam kendaraan umum ramai. Transkrip ini juga merupakan langkah besar dalam meningkatkan aksesibilitas.

Pengguna dapat dengan mudah mengakses transkrip dengan menggulir ke bawah dari tampilan "Now Playing" dan mengetuk bagian Read along. 

4 dari 4 halaman

Spotify Wrapped, Ini Deretan Artis dan Lagu Terfavorit Pendengar Indonesia 2023

Spotify belum lama ini merilis Spotify Wrapped, di mana para pendengar bisa mengetahui lagu hingga penyanyi mana saja yang paling didengarkan.

Spotify Wrapped juga memberikan berbagai informasi lain terkait bagaimana kebiasaan si pengguna mendengarkan musik di platform tersebut.

Terbaru, Spotify juga menggelar acara Spotify Wrapped 2023 Indonesia. Ini merupakan ajang untuk merayakan kreator Indonesia dan internasional dan bagaimana pendengar menikmati karya mereka.

Dalam kesempatan ini, untuk pertama kali, Spotify mengumumkan daftar kategori teratas, termasuk lagu, artis, podcast berbagai genre.

Mengutip keterangan Spotify, Jumat (1/12/2023), berikut adalah tren mendengarkan musik di Indonesia pada 2023.

Artis Indonesia Teratas 2023:

  • TulusMahalini
  • Tiara Andini
  • Nadin Amizah
  • Hindia

Lagu Indonesia Teratas 2023:

  • Tak Segampang Itu - Anggi Marito
  • Komang - Raim Laode
  • Sial - Mahalini
  • Kau Rumahku - Raisa Anggiani
  • Tertawan Hati - Awdella

Artis Perempuan Indonesia Teratas:

Mahalini

Artis Laki-Laki Indonesia Teratas:

Tulus. Penghargaan ini juga diterimanya pada Spotify Wrapped 2022.

Album Indonesia Teratas 2023:

  • Fabula - Mahalini
  • Menari dengan Bayangan - Hindia
  • Monokrom - Tulus
  • Manusia - Tulus
  • Tiara Andini - Tiara Andini 

Lagu Ambyar Teratas 2023:

  • Nemen - HipHop Dangdut version oleh NDX A.K.A
  • Sanes - Guyon Waton
  • Sewates Konco - Lavora
  • Dalan Liyane - Happy Asmara
  • Dadi Siji - Woro Widowati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini