Sukses

Hari Batik Nasional 2023, Pencarian di Google Soal Sejarah Hari Batik Naik 250 Persen

Seiring dengan peringatan Hari Batik Nasional, Google mengungkap pencarian di Google mengenai Sejarah Hari Batik meningkat lebih dari 250 persen dibandingkan tahun 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Warganet turut merayakan Hari Batik Nasional 2023 yang jatuh pada 2 Oktober setiap tahunnya. Batik sendiri merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang sudah diakui oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi pada 2 Oktober 2009. 

Menurut Google, hingga saat ini, pencarian mengenai Hari Batik terus meningkat di Indonesia setiap tahunnya, sejak Oktober 2019. 

Batik sendiri memiliki berbagai jenis, seiring dengan sejarah panjang dan perkembangannya selama berabad-abad di Indonesia.

Hal ini selaras dengan pencarian mengenai sejarah hari batik nasional yang naik 250 persen antara 1 Oktober dan 6 Oktober 2022 dibandingkan dengan tahun 2021. 

Melalui Google, pengguna pun bisa menemukan berbagai informasi seputar Hari Batik Nasional melalui Google Search. 

Masih dari data Google Indonesia, penelusuran seputar baju batik nasional antara 1 Oktober hingga 6 Oktober 2022 naik lebih dari 200 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. 

Kata kunci ini banyak dicari oleh masyarakat dari berbagai daerah, seperti Lampung, Sumatera Selatan, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Google Rayakan Hari Batik Nasional dengan Museum Batik Indonesia

Sementara itu, tahun ini, Google Indonesia turut berkolaborasi dengan Boyke Aldysha melalui video, untuk memeriahkan hari batik tahun ini. 

Video singkat ini berisi opini masyarakat tentang batik dan pengetahuan baru mengenai warisan budaya Indonesia yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober. 

Communication Manager Google Indonesia Feliciana Wienathan menyebut, "Masyarakat bisa melihat koleksi batik dari seluruh Indonesia melalui Google Arts and Culture. Mari bersama-sama mengenakan batik untuk menunjukkan kebanggaan kita terhadap budaya Indonesia."

Google Arts & Culture sendiri menghadirkan museum batik Indonesia secara virtual. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Google Arts & Culture di App Store lalu mengetikkan pencarian tentang hal yang ingin diketahui, salah satunya pencarian tentang batik. 

3 dari 4 halaman

Kontribusi Batik buat Industri UMKM

Bukan hanya itu, batik juga turut menggelorakan industri UMKM. Industri batik berperan penting bagi UMKM di Indonesia. Bahkan, industri batik jadi salah satu sektor UMKM paling besar di Indonesia dan menyerap tenaga kerja dalam jumlah sangat besar. 

Data Kemenkop dan UKM, jumlah tenaga kerja yang terserap oleh industri batik mencapai 1,2 juta orang pada 2022.

Melihat pentingnya batik bagi industri, Google dan YouTube bahkan menyediakan akses gratis ke produk, alat, dan pelatihan yang membantu masyarakat, bisnis dan komunitas untuk bertumbuh lebih kuat. 

Lewat pelatihan untuk UMKM, Google mengklaim sudah melatih 2 juta bisnis di seluruh Indonesia untuk mempelajari teknologi digital dan mengembangkan bisnis mereka. 

Google juga mengklaim, YouTube telah berkontribusi sebesar Rp 7,5 triliun ke PDB Indonesia pada 2021, melalui ekosistem kreatif. 

4 dari 4 halaman

Ucapan Selamat Hari Batik Nasional dari Warganet

Sebelumnya, Hari Batik Nasional 2023 jatuh pada 2 Oktober setiap tahunnya selalu disambut meriah oleh warga Indonesia, baik di dunia nyata hingga internet.

Terbukti, keyword "Selamat Hari Batik Nasional" sudah bertengger di nomor satu trending topic Twitter atau X dan meramaikan linimasa sejak pagi.

Mayoritas warganet di X mengucapkan Selamat Hari Batik Nasional 2023, sementara itu lainnya mengunggah foto mereka menggunakan batik atau membagikan gambar ilustrasi bertemakan batik.

Salah satunya adalah akun @RickyKardjono, mencuitkan, "Mari kita banggakan keindahan warisan budaya Indonesia dengan mengenakan batik hari ini.Batik merupakan jendela kekayaan budaya kita, dalam kain batik terkandung cerita dan keindahan Indonesia. Selamat Hari Batik Nasional 2023 untuk semua...🙏🇮🇩❤️"

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.