Sukses

Roblox Siap Hadir di Konsol PS5 dan PS4 pada Oktober 2023

Roblox bakal hadir di konsol PS5 dan PS4 pada bulan Oktober 2023, serta Meta Quest akhir bulan September ini.

Liputan6.com, Jakarta - Roblox bakal hadir di konsol PlayStation 4 (PS4) dan PlayStation 5 (PS5) pada bulan Oktober 2023. Pengumuman ini disampaikan dalam Roblox Developers Conference (RDC) 2023 Jumat pekan lalu.

Selain di konsol PS, Roblox juga bakal dibawa ke platform Meta Quest pada akhir bulan September ini, setelah sebelumnya diluncurkan melalui akses versi beta bagi para developer.

Game Roblox memang sudah bisa tersedia di berbagai platform mulai dari PC, Mac, Xbox, sampai iOS dan Android. Namun, mereka belum hadir di konsol milik Sony tersebut.

"Kami mengumumkan bahwa bulan depan, jutaan pemilik konsol PlayStation akan bisa mengakses katalog lengkap pengalaman Roblox," tulis pihak pengembang dalam blog resminya, dikutip Senin (11/9/2023).

"Memasukkan pengalaman pengembang kami ke dalam dua platform luar biasa ini merupakan langkah signifikan dalam menjadikan Roblox tersedia di semua perangkat paling populer," kata mereka.

Mengutip The Verge, isyarat kehadiran Roblox di PlayStation sebenarnya mulai terlihat pada tahun 2022. Ketika itu, mereka membuka lowongan kerja untuk PlayStation engineer.

Selain itu, CEO David Baszucki dalam laporan pendapatannya bulan Agustus juga menyebutkan perusahaan sedang berusaha membawa Roblox ke PlayStation dan Nintendo Switch.

Meski begitu untuk Nintendo Switch, Roblox diketahui belum punya rencana untuk menghadirkannya dalam waktu dekat. Kendati demikian, menurut perusahaan, mereka tidak akan berhenti sampai di konsol PS saja.

Sementara di Meta Quest, Roblox mengklaim dalam lima hari pertama, ada lebih dari 1 juta unduhan versi beta usai akses untuk developer dibuka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fitur Komunikasi Pakai Avatar di Roblox

Dalam RDC 2023 juga, Roblox meluncurkan Roblox Connect. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk video chat dengan orang lain menggunakan avatar. Fitur ini akan diluncurkan pada akhir tahun 2023.

Avatar Roblox nantinya bakal bisa mengikuti gerakan wajah penggunanya di dunia nyata. Jadi, pengguna akan bisa menghubungi orang lain di ruang virtual.

Mengutip The Verge, Roblox kini memang dirancang untuk menjadi aplikasi sosial, di mana pengguna bisa memakai obrolan chat dan suara, untuk tetap berkomunikasi dan menikmati ruang virtual bersama teman.

Chief Product Officer Roblox Manuel Bronstein dan CTO Daniel Sturman dalam sebuah posting blog juga menyebut, Roblox Connect akan dibuat menjadi open-source.

Jadi, pengembang aplikasi akan bisa bereksperimen dengan Roblox Connect sesuai keinginan mereka sendiri.

3 dari 4 halaman

Sony Luncurkan PlayStation Portal

Sebelumnya, Sony meramaikan tren handheld gaming dengan meluncurkan perangkat terbaru mereka, PlayStation Portal remote player.

Namun, alih-alih perangkat yang dapat berdiri sendiri seperti Steam Deck atau ROG Ally, PlayStation Portal dihadirkan sebagai pendukung atau pelengkap dari konsol PS5, sehingga pemain tak perlu berada terus menerus di depan layar besar.

Hideaki Nishino, Senior Vice President, Platform Experience, Sony Interactive Experience mengatakan, PlayStation Portal menghadirkan pengalaman menggunakan PlayStation 5 (PS5) di tangan pemain.

"PlayStation Portal adalah perangkat yang sempurna untuk para gamer di rumah yang mungkin perlu berbagi TV di ruang tamu atau sekadar ingin memainkan game PS5 di ruangan lain di rumah," kata Nishino.

Dengan PlayStation Portal, pengguna akan dapat terhubung dari jarak jauh ke perangkat PS5-nya melalui Wi-Fi, sehingga pemain bisa beralih dengan cepat dari konsol PS5 ke PlayStation Portal.

4 dari 4 halaman

Harga PlayStation Portal untuk PS5

Di sini, pemain hanya bisa memainkan game yang didukung dan sudah diinstal di konsol PS5, serta menggunakan controller Dualsense.

Perangkat ini juga hadir dengan jack audio 3,5 mm untuk perangkat audio dengan kabel. Fitur-fitur seperti DualSense wireless controller, termasuk adaptive triggers dan haptic feedback juga didukung.

Sementara, layarnya menggunakan LCD 8 inci dan sudah dapat menampilkan resolusi 1080 di 60fps.

Dikutip dari blog resmi PlayStation, PlayStation Portal bakal dirilis akhir tahun ini dengan harga USD 199,99 di Amerika Serikat, EURO 219,99 di Eropa, GBP 199,99 di Britania Raya, dan YEN 29.980 di Jepang.

Apabila dikonversi ke Rupiah dari USD, maka PlayStation Portal dibanderol dengan harga Rp 3 jutaan. Meski begitu, tidak diketahui apakah perangkat pendukung PS5 ini akan dirilis di Indonesia atau tidak.

(Dio/Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.