Sukses

Hari Kucing Sedunia, Google Kasih Animasi Kaki dan Suara Anabul Lucu di Laman Pencarian

Google memberikan animasi kaki dan suara kucing lucu di laman pencarian "Kucing". Yuk coba!

Liputan6.com, Jakarta - Tanggal 8 Agustus diperingati sebagai Hari Kucing Sedunia atau International Cat Day. Seperti tanggal ini di tahun lalu, Google turut merayakan Hari Kucing Sedunia dengan animasi lucu.

Kalau kamu membuka pencarian Google dan mengetikkan "Kucing" di kotak pencarian, halaman pencarian akan menampilkan sederetan informasi dan foto-foto kucing.

Nah, di samping kata "Kucing" paling atas di hasil pencarian Google, terdapat logo tapak kaki kucing berbentuk file GIF yang mengajak pengguna untuk memencet tapak kucing tersebut.

Begitu pengguna mengarahkan kursor ke logo kaki kucing tersebut dan mengkliknya, akan muncul animasi tangan atau kaki depan kucing yang mencoba menyentuh layar.

Pengguna juga bisa mengklik bagian layar lainnya, nantinya, animasi kaki kucing akan menyentuh bagian yang diklik. Tidak lupa, tiap kemunculan kaki kucing akan diingi dengan suara "meong" dan "purring" dari si kucing.

Animasi kucing yang tampil pun beragam. Ada kucing warna hitam, abu-abu, tabby alias si belang, kucing oren, kucing dengan kaos kaki putih, hingga si calico alias belang tiga.

Uniknya, suara "meong" dari tiap-tiap kucing juga berbeda, ada yang bersuara imut hingga cempreng.

Laman pencarian Google untuk Hari Kucing Sedunia dengan animasi kucing ini bukan hanya tampil di penelusuran menggunakan desktop atau komputer, tetapi juga ada di Android atau iOS.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ada di Google versi Desktop, Android, hingga iOS

Pengguna yang menyentuh bagian layar Android di laman pencarian Hari Kucing Sedunia akan melihat layarnya penuh dengan tapak kaki kucing.

Buat kamu yang merupakan pecinta kucing dan penasaran dengan animasi kucing yang dimaksud, segera buka Google, lalu ketik "Hari Kucing Sedunia" atau "International Cat Day" di kolom pencarian. Jangan lupa tekan cari.

Lalu, sentuh gambar telapak kaki kucing yang ada, dan lihat, kucing warna apa yang akan menyapa kamu. Selamat mencoba ya, cat lovers!

3 dari 4 halaman

Sejarah Hari Kucing Sedunia

Mengutip kanal News Liputan6.com, menurut informasi dari National Today, kucing telah dijadikan sebagai hewan peliharaan sejak zaman kuno, meski mereka berasal dari kucing liar Afrika dan biasa menangkap hama.

Catatan sejarah manusia pertama mengenai kucing ditemukan dalam budaya Peradaban Mesir Kuno. Pasalnya, orang Mesir Kuno menganggap kucing sebagai dewa.

Hari Kucing Sedunia atau International Cat Day sendiri pertama kali dirayakan pada 2002 oleh International Fund for Animal Welfare.

Tujuan IFAW menyelenggarakan Hari Kucing Sedunia adalah untuk meningkatkan kesadaran manusia akan kucing dan belajar tentang berbagai cara untuk membantu dan melindungi kucing.

Pada 2020, perwalian Hari Kucing Sedunia diteruskan dari IFAW ke International Cat Care, badan amal khusus kucing di Inggris.

Kucing kini jadi binatang peliharaan yang sangat populer. Apalagi setelah pandemi, lebih banyak orang memilih kucing sebagai hewan peliharaan.

Di internet, Hari Kucing Sedunia dirayakan salah satunya dengan mengunggah foto kucing alias  anabul, sebutan untuk binatang peliharaan ke media sosial.

4 dari 4 halaman

Makna Hari Kucing Sedunia

Hari Kucing Sedunia atau Hari Kucing Internasional memiliki banyak arti penting bagi pecinta kucing. Tidak semua kucing cukup beruntung untuk tinggal di rumah mewah, tidur di sofa empuk, dan mendapatkan makanan enak.

Ada banyak kucing liar yang tidak diperlakukan dengan baik dan bahkan mengalami pelecehan.

Jadi, hari ini 8 Agustus, memiliki arti penting tidak hanya bagi pecinta kucing, tetapi semua pecinta hewan sejati.

Hari Kucing Internasional adalah kesempatan besar bagi mereka yang ingin melindungi dan memberikan kenyamanan bagi makhluk-makhluk ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.