Sukses

Siap-Siap, Steam Bakal Setop Dukungan di Windows 7 dan Windows 8 Tahun Depan

Valve mengumumkan Steam tidak akan lagi mendukung Windows 7, Windows 8, dan Windows 8.1 mulai 1 Januari 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Valve mengumumkan Steam tidak akan lagi mendukung Windows 7, Windows 8, dan Windows 8.1 mulai 1 Januari 2024. Dengan kata lain, Steam tidak lagi bisa dipakai di tiga sistem operasi tersebut di awal tahun depan. 

Selain itu, Valve juga menyebut Steam versi Windows selanjutnya membutuhkan update OS yang hanya tersedia di Windows 10 atau rilisan yang lebih baru.

Mengutip informasi dari Engadget, Kamis (30/3/2023), pengumuman ini dilakukan menyusul langkah Google Chrome yang juga menghentikan dukungan untuk Windows 7 dan Windows 8.1 pada Februari 2023.   

Meskipun begitu, pembaruan ini disebut tidak akan memengaruhi sebagian besar pengguna Steam. Alasannya, menurut survei teranyar Valve mencatat hanya ada 1,9 persen audiens Steam yang masih menggunakan salah satu versi Windows tersebut.

Kendati demikian, perubahan ini disebut tetap bisa memengaruhi sejumlah pengguna. Karenanya, mau tidak mau mereka yang masih ingin memainkan Steam harus harus memperbarui atau membeli PC dengan sistem operasi yang masih didukung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pemberhentian Dukungan Windows 7 dan Windows 8.1

Sebagai informasi, Microsoft sendiri telah menghentikan dukungan untuk Windows 7 pada Januari 2020. Sementara Windows 8.1 juga telah dihentikan sejak awal 2023. 

Selain Steam, Epic Games juga mengumumukan tidak lagi mendukung kedua platform tersebut untuk memainkan game Fortnite. 

Di sisi lain, adanya pengumuman ini membuat perangkat Windows lawas semakin sulit digunakan untuk bermain game. Karenanya, perubahan ini bisa menjadi dorongan bagi pemain untuk meningkatan sistem operasi perangkatnya. 

3 dari 5 halaman

Steam Sale 2023

Valve mengungkapkan jadwal lengkap untuk Steam Sale 2023 mereka. Selain empat Seasonal Sales, bakal ada sederet momen lain dimana gamer bisa berburu game dengan harga miring.

Major Seasonal Sales bakal digelar empat kali. Event ini terbuka untuk semua game yang sudah dirilis.

Sementara untuk Themed Sale Events (Fest), merupakan event yang berfokus pada tema atau kategori permainan tertentu. Selain memprioritaskan game diskon, ada juga ruang untuk game gratis, rilis yang akan datang, dan game demi.

Dalam jadwal tersebut, Steam juga menggelar Next Fest, di mana gamer bisa menjajal game demo, berdiskusi dengan pengembang, menonton streaming langsung, dan melihat game apa saja yang akan rilis di platform tersebut.

4 dari 5 halaman

Jadwal Steam Sales 2023

Steam telah menggelar diskon game besar-besaran pada Spring Sale lalu. Bisa jadi Steam Sale musim berikutnya akan menjadi saat yang tepat untuk membeli game dengan potongan harga.

Mengutip laman Steam, Selasa (28/2/2023), berikut ini jadwal Steam Sale 2023. Empat Major Seasonal Sales bakal ditandai dengan penebalan karena biasanya, diskon paling besar digelar di Summer dan Winter.

Jadwal Steam Sale dan Fest 2023

  • Mystery Fest: 20 - 27 Februari
  • Spring Sale: 16 - 23 Maret
  • Puzzle Fest: 24 April - 1 Mei
  • Sports Fest: 15 - 22 Mei
  • Next Fest: 19 - 26 Juni
  • Summer Sale: 29 Juni - 13 Juli
  • Stealth Fest: 24 - 31 Juli
  • Visual Novel Fest: 7 - 14 Agustus
  • Strategy Fest: 28 Agustus - 4 September
  • SHMUP Fest: 25 September - 2 Oktober
  • Next Fest: 9 - 16 Oktober
  • Return of Steam Scream Fest (Halloween): 26 Oktober - 2 November
  • Autumn Sale: 21 - 28 November
  • Winter Sale: 21 Desember - 4 Januari 2024
5 dari 5 halaman

Infografis dampak bermain video game berlebihan (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.