Sukses

WhatsApp Larang Screenshot untuk Gambar dan Video 'View Once' di iPhone

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna iPhone sebentar lagi tidak bisa melakukan tangkapan dan rekaman layar untuk konten foto dan video yang menggunakan opsi View Once di WhatsApp.

Fitur terbaru ini disampaikan oleh WABetaInfo melalui website-nya dan baru masuk ke dalam versi WhatsApp Beta untuk diuji coba.

Kabar ini juga diinformasikan melalui akun Twitter WABetaInfo berkaitan dengan pembaruan versi WhatsApp untuk iOS perangkat iPhone.

Opsi View Once pada platform WhatsApp memungkinkan penggunanya untuk mengirimkan gambar atau video yang akan hilang setelah sekali dibuka atau diputar.

Fitur ini sebelumnya sudah dimiliki oleh platform media sosial lain, seperti Snapchat dan Instagram. Melalui hal ini menunjukkan bahwa platform ingin mengambil langkah lebih serius terhadap pengembangan fitur View Once.

Jika seseorang mencoba untuk melakukan tangkapan atau merekam layar, fitur ini akan mendorong munculnya pesan yang menyatakan tangkapan layar telah diblokir. Demikian sebagaimaan dikutip dari The Sun, Jumat (7/10/2022).

Salah satu tujuan adanya fitur ini adalah untuk mendukung privasi pengguna ketika mereka hanya ingin mengirimkan gambar yang hanya bisa dilihat sekali.

Fitur tersedia untuk pengguna yang menggunakan versi WhatsApp beta 22.21.0.71. Namun, belum ada kabar lebih lanjut mengenai peluncuran fitur ini ke aplikasi WhatsApp umum.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Opsi View Once Telah Hadir di WhatsApp Sejak Tahun Lalu

Platform di bawah naungan META ini sudah merilis opsi View Once sejak tahun lalu. Beberapa pengguna terkadang ingin mengirimkan konten, yang tidak ingin pengguna lihat berkali-kali atau bahkan disimpan.

"Itulah mengapa hari ini kami meluncurkan View Once untuk foto dan video yang dapat melihat dari chat setelah dibuka, memberikan penggunanya kontrol lebih terhadap privasi mereka. Contohnya, Anda mungkin mengirimkan foto dengan opsi View Once tentang pakaian yang Anda coba di toko, reaksi cepat terhadap suatu momen, atau sesuatu yang rahasia seperti kata sandi Wi-Fi," WhatsApp menjelaskan melalui sebuah unggahan di blog miliknya.

View Once juga telah melewati pengujian TestFlight sebelumnya dan kini sudah bisa dimanfaatkan oleh para pengguna platform.

3 dari 3 halaman

Infografis Waspada WhatsApp Rentan Dibobol Hacker. (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.