Sukses

Apa Itu Clickworker, Situs Pemberi Kerja Online yang Ramai Dibicarakan Warganet

Liputan6.com, Jakarta - Clickworker belakangan ini ramai dibicarakan orang. Banyak orang memburu link dan mendaftar ke platform ini. Pasalnya, Clickworker menyediakan informasi pekerja lepas alias freelance yang disebut sebagai Clickworkers.

Seperti agensi pekerja paruh waktu lainnya, para calon pekerja lepas diminta untuk meregistrasikan diri ke platform Clickworker untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang cocok dengan kualifikasi mereka.

Berbagai data harus dimasukkan oleh calon pekerja paruh waktu, mulai dari kemampuan yang dimiliki, bahasa yang dipakai, hingga lokasi domisili.

Dengan begitu, nantinya platform Clickworker bisa menyediakan berbagai lapangan pekerjaan untuk pekerja yang terdaftar.

Meski menjanjikan pendapatan, pengelola platform kerja lepas ini mengingatkan, platformnya bukanlah pengganti pekerjaan penuh.

Semua proyek maupun tawaran yang dikerjakan mendapatkan pendapatan yang bervariasi sesuai ketentuan dan tidak dapat dijamin. Dari situ, Clickworkers alias para pekerja lepas bisa memilih tugas mana yang ingin mereka kerjakan.

Misalnya bagi mereka yang memiliki keahlian menerjemahkan, bisa mengambil pekerjaan-pekerjaan penerjemah, dan berbagai pekerjaan yang sesuai dengan keahliannya.

Mengutip laman Clickworker, tiap pekerja lepas yang sudah mendaftarkan diri di platform ini bisa mengerjakan tugas-tugas sesuai kualifikasi, pengalaman kerja sebelumnya, edukasi, kemampuan bahasa, hingga ketertarikannya atas sebuah tugas.

Para pekerja paruh waktu di platform Clickworkers mungkin ditawari beberapa proyek atau mungkin dikecualikan dari proyek lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informsasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Pembayaran yang Diberikan

Nantinya, pembayaran yang diberikan adalah untuk setiap tugas yang diterima dan diselesaikan. Jumlahnya tetap dan dipublikasikan sebelumnya.

Salah satu keuntungan bagi pekerja paruh waktu di Clickworker adalah para pekerja paruh waktu bisa memilih tugas-tugas kecil dan dikerjakan secara terpisah, semuanya fleksibel. Jadi, para Clickworkers bisa memutuskan kapan, di mana dan berapa banyak tugas yang mau mereka kerjakan.

Platform ini juga menyebut, siapa pun yang memenuhi persyaratan bisa mendaftar menjadi Clickworkers.

 

3 dari 3 halaman

Cara Mendaftar Clickworker

Cara mendaftar Clickworker:

- Buka pencarian Google

- Ketik link daftar Clickworker di www.clickworker.com

- Pilih menu "Register" dan "For Clickworkers"

- Isi data diri seperti nama, gelar, email, password, dan klik "lanjutkan"

- Lalu isi nomor ponsel dan data lain yang dibutuhkan

- Lalu, cek inbox email untuk melakukan verifikasi pembuatan akun

- Klik link yang tertera

- Login akun menggunakan email dan password

- Pendaftaran akun sudah selesai, selanjutnya lihat pekerjaan yang tersedia dengan menu Jobs.

 (Tin/Ysl)