Sukses

Ramai OpenSea, Ini Deretan Marketplace NFT Serupa Asal Indonesia

Ramai-ramai OpenSea di media sosial, Indonesia ternyata juga memiliki sejumlah marketplace NFT, berikut ini daftarnya.

Liputan6.com, Jakarta - Pamor OpenSea yang merupakan salah satu marketplace peer-to-peer NFT saat ini tengah naik daun, terutama di Indonesia.

Meski sebenarnya sudah ada sejak 2017, sorotan publik pada OpenSea baru-baru ini kian masif karena adanya akun Ghozali Everyday yang menjual NFT di platform itu.

Jadi, akun Ghozali Everyday diketahui menjual foto selfie-nya sebagai NFT di platform tersebut. Tidak tanggung-tanggung, ada 933 NFT yang seluruhnya foto selfie Ghozali ditawarkan di OpenSea.

Adapun foto selfie tersebut berasal dari lima tahun terakhir, mulai dari 2017 hingga 2021. Satu foto selfie Ghozali dihargai dengan harga terendah yaitu 0,13 Ethereum atau sekitar Rp 6 juta hingga 0,7 Ethereum atau sekitar Rp 31 juta.

Kendati OpenSea kini tengah menarik perhatian, selain platform tersebut sebenarnya ada beberapa penyedia marketplace lain untuk jual beli NFT termasuk yang berasal dari Indonesia.

Oleh sebab itu, Tekno Liputan6.com menghimpun sejumlah informasi mengenai marketplace NFT buatan dalam negeri. Apa saja marketplace tersebut? Simak daftarnya berikut ini.

TokoMall

TokoMall merupakan marketplace NFT yang dikembangkan oleh TokoCrypto. Mengutip informasi dari situs resminya, TokoMall ingin memberikan konsep unik dengan menjembatani dunia digital dan realitas.

Oleh sebab itu, selain menjadi koleksi, NFT yang diluncurkan di TokoMall memiliki kegunaan lain yaitu bisa digunakan untuk menebus barang fisik dari mitra resmi.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Marketplace NFT Asal Indonesia

Enevti

Berdasarkan situr resminya, Enevti hadir sebagai proyek NFT terdesentralisasi, terbuka, sekaligus inovatif untuk meningkatkan ekonomi kreator. Selain itu, platform ini juga membantu fans untuk mendapatkan hubungan yang lebih dekat dengan influencer favorit mereka.

Baliola

Baliola merupakan marketplace yang dikembangkan oleh Kepeng Indonesia. Marketplace NFT ini didedikasikan untuk pekerja seni tradisional dan moder di Bali untuk mempromosikan karya mereka ke pasar internasional, sekaligus menjaminnya secara ekonomi dan hukum.

 

3 dari 4 halaman

Lainnya

Paras

Paras merupakan marketplace untuk digital art card yang dibangun di atas blockchain untuk menawarkan kepemilikan yang sebenarnya dan langkah. Platform ini menggunakan cryptocurrency NEAT untuk media pertukaran antara pencipta dan kolektor.

Kolektibel

Kolektibel merupakan marketplace NFT pertama di Indonesia yang mengkurasi momen unik, terbaik, dan legendaris di bidang olahraga, seni, budaya, serta gaya hidup. Kolektibel dibangun di atas Vexanium sebagai public blockchain asal Indonesia.

(Dam/Tin)

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang Uang Kripto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.