Sukses

Samsung Luncurkan One UI 4, Simak Deretan Fitur-Fiturnya

Liputan6.com, Jakarta - Samsung mengumumkan peluncuran One UI 4 yang pertama kali hadir untuk lini Galaxy S21, termasuk Galaxy S21, Galaxy S21 Plus, dan Galaxy S21 Ultra. One UI terbaru ini dengan fitur anyar untuk memberikan pengalaman yang lebih canggih.

"Kami berkomitmen memberikan semua orang akses ke pengalaman mobile terbaik, sesegera mungkin," tutur Executive VP and Head of Software Platform Team at Mobile Communications Business Samsung Electronics, Janghyun Yoon dalam keterangan resmi yang diterima, Minggu (28/11/2021).

"One UI 4 memenuhi janji tersebut, melengkapi pengguna smartphone Galaxy dengan fitur kustomisasi dan privasi terbaru."

Salah satu yang baru dari One UI 4 adalah pengguna bisa mengekspresikan kepribadiannya masing-masing. Sebab, One UI ini hadir dengan berbagai macam color palettes baru, yang dapat diterapkan di home screen, ikon, menu, tombol hingga background.

Pada One UI 4, Samsung juga mendesain ulang widget dan menawarkan kustomisasi lebih detail. Pengguna kini juga dapat meletakkan widget di Lock Screen, sehingga dapat mengakses aplikasi tertentu tanpa perlu membuka perangkat.

Samsung juga menghadirkan fitur privasi dan keamanan terbaru di One UI 4. Jadi, pengguna dapat memonitor dan mengontrol pengaturan privasi menjadi lebih mudah, mulai dari peringatan saat ada aplikasi yang mengakses kamera atau mikrofon, hingga dashboard privasi baru.

One UI 4 juga memanfaatkan opsi izin di Android 12, sehingga pengguna dapat melihat riwayat yang mereka izinkan, tidak hanya 24 jam terakhir. Pengguna dapat pula memeriksa penggunaan data saat ini, baik izin yang diberikan dan aplikasi yang digunakan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Hubungkan ke Ekosistem Lebih Luas

One UI 4 juga membantu memaksimalkan pengguna menjangkau ekosistem yang lebih luas, baik yang mencakup perangkat Samsung hingga aplikasi pihak ketiga. Dengan demikian, versi terbaru ini dapat memberikan pengalaman mobile yang lebih menyeluruh.

Samsung sendiri telah bekerja sama dengan perusahaan teknologi lain, seperti Google, untuk memastikan pengalaman seamless saat menggunakan aplikasi dan layanan pihak ketiga favorit.

Salah satunya adalah sinkronisasi aplikasi Google Duo yang kini dilakukan dengan lebih mulus, baik saat menggunakan Galaxy Fold, Galaxy Watch, hingga Galaxy Tab. Tampilan dan nuansa yang didapatkan pun senada di seluruh perangkat.

3 dari 3 halaman

Samsung Gulirkan One UI 4 untuk Lini Galaxy S21

Untuk diketahui, Samsung akhirnya menggulirkan One UI 4 berbasis Android 12 tahap pertama untuk smartphone besutannya. Informasi ini diketahui langsung melalui situs resmi perusahaan.

Mengutip informasi dari GSM Arena, Kamis (18/11/2021), tahap pertama yang akan mendapatkan One UI 4 adalah lini Galaxy S21, yaitu Galaxy S21, Galaxy S21 Plus, dan Galaxy S21 Ultra.

Kendati demikian, mengingat Samsung baru saja menggulirkan update ini, ada kemungkinan belum semua perangkat langsung merasakannya. Pembaruan kemungkinan dilakukan secara bertahap.

Sebagai informasi, One UI 4 membawa sejumlah perubahan pada HP Samsung. Salah satunya adalah perubahan tampilan widget yang kini memiliki sudut membulat dan mengadopsi desain baru.

Selain widget, beberapa aplikasi bawaan Samsung juga diperbarui dengan desain khas dan Dynamic Color khas Android 12.

(Dam/Ysl)