Sukses

Grab dan 23 Merek Favorit Nasional Galang Bantuan Rp1 Miliar untuk Masyarakat

Liputan6.com, Jakarta Pandemi belum berakhir. Masih banyak para pekerja dan pelaku usaha yang terdampak pandemi Covid-19 yang membutuhkan bantuan dari sesama. 

Berkaitan dengan hal tersebut, Grab sebagai aplikasi super terkemuka di Asia Tenggara, didukung 23 merek favorit nasional menghadirkan kampanye BERSATU Untuk Indonesia. 

"Kami bertahun-tahun berusaha memberikan empowerment dan kontribusi. Grab dan 23 mereka terkenal dan terfavorit nasional memiliki komitmen yang sama, yaitu mendorong dan membantu UMKM agar bisa bangkit dari pandemi. Kami berharap dengan adanya kampanye ini, bisa memberikan kontribusi agar bisnis kecil dan UMKM bisa terdigitalisasi dan bangkit," kata Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia dalam acara Peluncuran Kampanye BERSATU Untuk Indonesia secara virtual, Senin (2/8). 

Neneng Goenadi selaku Country Managing Director Grab Indonesia menjelaskan bahwa galangan dana yang ditargetkan mencapai nilai Rp1 miliar tersebut, akan disalurkan untuk eksternal atau masyarakat yang terdampak pandemi. 

"Kolaborasi ini adalah kunci untuk melewati masa sulit. Nantinya donasi ini kami berikan untuk eksternal atau khusus untuk masyarakat yang membutuhkan. Kami ingin membantu faskes, tenaga kesehatan yang terdampak Covid-19, anak-anak. Kami juga ingin membantu dari sisi edukatif untuk pedagang kaki lima dan asongan yang sangat terdampak dengan pandemi ini," jelas Neneng. 

Kampanye kolaborasi Grab ini juga diapresiasi oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. Dalam pertemuan virtual tersebut, Luhut mengatakan bahwa aksi yang dilakukan Grab dan 23 merek nasional terfavorit adalah kolaborasi yang penting dilakukan saat ini. 

"Kolaborasi dengan banyak pihak banyak diperlukan di masa seperti sekarang ini. Ingatlah bahwa kita tidak boleh patah semangat, jangan pernah pesimis. Mari bersama-sama kita menyongsong Indonesia yang lebih baik. Indonesia pasti hebat kalau kita kompak," kata Luhut. 

2 dari 2 halaman

Donasi Lima Ribu Rupiah

Tak hanya berkolaborasi dengan 23 merek favorit nasional saja, kampanye yang dihadirkan sekaligus dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ini juga bekerja sama dengan platform crowdfunding BenihBaik.com untuk menghadirkan program donasi bagi seluruh pengguna aplikasi Grab.

Program tersebut menggunakan mekanisme di mana setiap penggunaan 1 kode BERSATU yang tersedia pada layanan GrabBike, GrabCar, GrabExpress, GrabMart, dan GrabFood, Grab akan mendonasikan sebesar Rp5000 untuk mereka yang terdampak pandemi. 

"Banyak orang ingin lebih berperan untuk membantu sesama namun mungkin terhambat keterbatasan. Melihat ini, Grab bersama BenihBaik.com berniat mempermudah siapapun untuk berdonasi tepat sasaran, bahkan tanpa perlu mengeluarkan biaya," tambah Ridzki. 

Untuk diketahui, kampanye BERSATU Untuk Indonesia Grab bersama EMTEK, Accenture, Microsoft, Indosat Ooredoo dan OVO berkomitmen untuk memberikan bantuan senilai Rp11 miliar. 

Donasi tersebut akan disalurkan Grab kepada mitra pengemudi Grab, pekerja lepas dari sektor UMKM dan komunitas, relawan medis, relawan PMI, pengemudi ambulans, petugas pemakaman serta panti asuhan.

Adapun 23 merek paling favorit di Indonesia yang berkolaborasi dengan Grab adalah EMTEK (SCTV, Indosiar, Vidio), OVO, Kopi Kenangan, HokBen, AQUA, Mayora (Roma Malkist, Kopiko, Teh Pucuk Harum), Mangkokku, Lifebuoy, Bakmi GM, Ngikan, Ayam Keprabon, Martabak Pecenongan 78, Solaria, Indomaret, Bukalapak, Accenture, Microsoft, Indosat Ooredoo dan Mustika Ratu (Herbamuno+). 

Ya, Grab mengajak masyarakat bersama-sama menggaungkan semangat BERSATU dan berkolaborasi untuk bahu-membahu membantu sesama di masa sulit ini. 

 

(*)