Sukses

Tokopedia Start Summit Digelar Virtual 3 Juli 2021

Tokopedia Start Summit 2021 bisa diakses melalui Tokopedia Academy, YouTube Inside Tokopedia, dan Tokopedia Play.

Liputan6.com, Jakarta - Tokopedia Start Summit kembali digelar pada 3 Juli 2021 mendatang. Berbeda dari tahun lalu, kali kedua Start Summit ini akan diselenggarakan secara virtual.

Tokopedia Start Summit 2021 mengusung tema ‘Transforming Indonesia Through Technology Together’. Ini juga sekaligus sebagai upaya untuk mendukung percepatan dalam mencetak talenta digital di Indonesia.

CTO and SVP of Engineering Tokopedia, Herman Widjaja, mengatakan dalam mengejar transformasi digital, Indonesia berbeda dengan negara lainnya. Kalau beberapa negara melakukan transformasi digital dimulai dengan perangkat desktop, Indonesia langsung melompat ke perangkat mobile.

“Bisa dilihat growth digitalnya dari 5 tahun ke belakang berkembang pesat banget. Itu jadi gambaran bagaimana serunya Indonesia jadi digital market,” katanya dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (30/6/2021).

Selain potensi market yang harus tetap sehat, ia memandang talenta digital pun perlu diperhatikan karena mereka yang memiliki growth mindset dan inovasi ke depannya. Inilah yang jadi salah satu dasar Tokopedia Start Summit 2021 kembali digelar.

“Menurut saya talenta adalah kunci untuk memajukan Indonesia, dan mencapai Indonesia emas 2045,” katanya.

Dalam perkembangan digital di Indonesia, untuk bisa bersaing di ranah teknologi, tak bisa hanya mengandalkan hard skill, tapi juga soft skill.

Soft skill sangat penting, misalnya, curiousity, growth mindset hingga problem solving. Buat semua anak muda, yuk lompat ke teknologi, kita belajar bersama-sama. Kita berada di zaman yang sangat beruntung, karena semua masih belajar,” tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tiga Topik Utama

Sementara, VP of Engineering and Chief of Staff Technology Tokopedia, Aswin Tanu Utomo, menyebut tema yang diangkat sebagai cerminan dari segala yang telah dilewati Tokopedia selama satu tahun kebelakang.

“Tahun ini kita kurasi lebih banyak lagi yang sangat relevan dan personally kita alami. Ini yang serunya kita bagikan, ada sesuatu pembelajaran dari kita,” katanya pada kesempatan yang sama.

Dengan demikian, ditentukan tiga topik besar yang akan dibahas pada Tokopedia Start Summit 2021. Dari setiap bidangnya, akan ada lima turunan topik lagi. Dengan demikian, peserta Tokopedia Start Summit 2021 bisa memilih sesuai yang diminati.

Tiga topik besar di antaranya Core Engineering, yang membahas tentang pemrograman, pengembangan produk, hingga memantau dan mengelola promo atau kampanye yang terintegrasi.

Kemudian, Infrastructure and Productivity, mengenai strategi multi-cloud yang digunakan Tokopedia dalam memastikan lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanannya mendapatkan pengalaman terbaik.

Terakhir, bidang Data, membagikan cara Tokopedia menciptakan otomatisasi menggunakan data science dan machine learning serta cara Tokopedia mengambil keputusan berdasarkan data.

Aswin mengatakan, tiga topik yang dipilih tersebut telah dilakukan kurasi dari 50 pilihan topik untuk dihadirkan pada Tokopedia Start Summit 2021.

Mengacu gelaran pada tahun lalu yang mencatatkan 2.000 peserta offline dan 50 ribu yang akses secara online, Aswin mengaku gelaran konferensi teknologi ini menjadi hal yang efektif.

“Kita merasa efektif karena antusias yang kita dapatkan dari teman-teman developer dan geeks membuat kita bangga. Dapet banyak feedback positif dari mereka,” ungkapnya.

Ke depan, ia berharap event serupa Tokopedia Start Summit 2021 tidak hanya digelar satu tahun sekali, tapi bisa lebih kontinu.

“Setelah Start Summit 2021 ini akan ada inisiatif lain, kita gak mau cuma ada event setahun sekali. Misalnya ada Start Summit Extention, atau menggandeng perusahaan lain untuk share knowledge tentang inisiatif terbaru,” tutur Aswin.

3 dari 3 halaman

Gelar Acara Serupa

Dengan demikian, baik Herman maupun Aswin, berharap ke depannya tak hanya Tokopedia yang menghadirkan event serupa. Tapi setiap perusahaan teknologi di Indonesia bisa mengusung acara serupa.

Salah satu alasannya, karena dibutuhkan kerja sama dalam mencetak 9 juta talenta digital di indonesia sebelum 2035.

“Kita malah senang dengan adanya perusahaan lain yang akan memberikan acara serupa, jadi setiap bulan bisa ada konferensi teknologi,” ujarya.

Ia menilai, konferensi teknologi ini sebagai selebrasi bagi para programmer, developer, data scientist dan pelaku sektor teknologi lainnya.

“Saya percaya, perlu semua pegiat teknologi kerja sama membentuk beberapa tim. Semua pegiat teknologi harus ambil andil. Saya ingin melihat dari banyak technologi company,” tutupnya.

Sebagai informasi, Tokopedia Start Summit 2021 akan menghadirkan 28 pembicara ahli di bidang teknologi, 11 keynote talks, 3 networking room, dan 15 panel session.

Melalui channel yang disediakan, acara akan dimulai pukul 09.30-18.00 WIB.

(Rif/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini