Sukses

Review Oppo Enco Buds: TWS Terjangkau Pas Buat Main Game hingga Streaming

Tim Tekno Liputan6.com berkesempatan untuk menjajal perangkat ini selama beberapa waktu, dan berikut ini adalah ulasan singkat tentang Oppo Enco Buds.

Liputan6.com, Jakarta - Oppo Indonesia kembali meramaikan pasar true wireless stereo (TWS) dengan produk terbarunya, yakni Oppo Enco Buds. TWS teranyar milik Oppo ini akan dijual dengan harga sekitar Rp 599,000.

Perusahaan mengklaim, earphone ini sudah dibekali kemampuan stereo kelas atas, baterai yang lebih tahan lama, dan latensi rendah saat digunakan untuk bermain gim.

Adapun ketiga hal itu adalah fitur yang paling banyak dicari oleh pengguna TWS. Namun dengan harga tersebut, apakah Oppo Enco Buds mampu menghadirkan kemampuan tersebut?

Tim Tekno Liputan6.com pun berkesempatan untuk menjajal perangkat ini selama beberapa waktu, dan berikut ini adalah ulasan singkat tentang Oppo Enco Buds.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Desain

Isi paket penjualan Oppo Enco Buds, ada ekstra eartips dan buku panduan. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Soal desain, Oppo Enco Buds hadir dalam desain charging case mungil dengan desain oval --seperti kebanyakan TWS di pasaran, dan berukuran kecil sehingga nyaman saat dimasukkan ke dalam kantong saku celana.

Oppo menggunakan port USB type C untuk pengisian daya perangkat. Pada sisi depan casing, kamu akan menemukan sebuah lampu indikator.

Di bagian dalam, ada dua lubang yang menjadi tempat untuk menempatkan earbuds dan dua pin berwarna emas yang berfungsi sebagai koneksi saat pengisian daya.

Casing Oppo Enco Buds. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Salah satu keunggulan model buds in-ear, kamu akan terasa lebih nyaman dan tidak perlu takut buds akan terlepas dari telinga. Saat kami pakai, Oppo Enco Buds terpasang dengan baik di telinga.

Earbuds pun sangat stabil dan tidak mudah goyang atau lepas dari telinga meski sedang dipakai untuk berolahraga, hanya saja pastikan kamu menggunakan eartips yang sesuai dengan rongga telinga.

Tampak belakang Oppo Enco Buds dengan port USB C untuk mengisi baterai casing. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Untuk kontrol, kamu hanya perlu men-tap bagian luar earbuds. Saat mendengarkan musik atau menonton video, kamu bisa ketik bagian luar earbuds satu kali untuk pause.

Sedangkan untuk skip lagu atau menjawab/mengakhiri panggilan bisa tap di earbuds sebanyak dua kali, sentuh dan tahan untuk menyesuaikan volume, dan tap tiga kali untuk mengaktifkan fitur ini.

Lampu indikator di casing Oppo Enco Buds. (Liputan6.com/ Yuslianson)

3 dari 5 halaman

Game Mode dan Fitur Lainnya

Oppo Enco Buds. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Yup, Oppo menyertakan fitur Game Mode untuk earbud-nya ini. Salah satu masalah besar di perangkat TWS adalah kemampuan perangkat saat dipakai untuk bermain gim.

Biasanya, TWS dan tampilan di layar saat bermain gim tidak sinkron. Oppo mampu mengatasi hal ini dengan menghadirkan latensi super-rendah 80ms ketika Game Mode ini diaktifkan.

Sepanjang pemakaian, kami merasa tampilan dan suara yang terdengar di era buds memang tersinkron dengan baik tanpa jeda atau lag sekalipun.

Oppo Enco Buds. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Oppo juga menyertakan sertifikat IP54 ke produk Enco Buds ini. Dengan begini, TWS milik perusahaan dapat dipakai meskipun kamu sedang berkeringat saat berolahraga.

Sementara untuk daya tahan baterai, Oppo Enco Buds mampu memberikan performa apik. Saat digunakan bersama dengan charging case, earphone ini dapat bertahan seharian.

4 dari 5 halaman

Kualitas Suara

Isi casing Oppo Enco Buds. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Untuk kualitas suara, Oppo Enco Buds mampu menghasilkan keluaran suara yang apik di telinga. Saat dipakai mendengarkan beragam genre musik atau menonton video, suara yang dihasilkan detail untuk perangkat di kelasnya.

Baik suara bass dan treble yang dihasilkan saat mendengarkan musik terasa pas dan tidak terlalu menonjol. Hal ini dibantu dengan driver dinamis 8mm yang dirancang untuk menyalurkan kode audio AAC terbaru.

Ketika digunakan untuk panggilan video maupun suara, earphone ini memiliki kemampuan yang di luar perkiraan kami.

Review Oppo Enco Buds. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Dengan algoritme cerdas berbasis DNN, suara dari mikrofon mampu terdengar jelas oleh penerima meski kamu sedang berada di tengah kebisingan selama panggilan. Tak hanya itu, suara lawan bicara pun tetap terdengar dengan jernih.

Hal itu terbukti saat kami memakainya dalam beberapa kali video call maupun panggilan suara. Suara dari mikrofon ternyata mampu terdengar jelas oleh penerima, sehingga pengalaman menelepon tak ada kendala.

 

5 dari 5 halaman

Kesimpulan

Oppo Enco Buds. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Untuk harga Rp 599 ribuan, Oppo Enco Buds sudah lebih dari cukup memenuhi kebutuhan pengguna untuk berbagai aktivitas, entah itu menelepon, mendengarkan musik berjam-jam, video conference, hingga bermain gim sekalipun.

Salah satu kemampuan yang patut diacungi jempol adalah fitur Game Mode. Kami merasa saat ini belum banyak TWS yang mampu menghadirkan pengalaman bermain gim memakai TWS tanpa masalah di latensi.

Selain itu, daya baterai yang mampu bertahan hingga seharian juga sangat membantu pengguna untuk menikmati berbagai konten tanpa harus khawatir baterai Enco Buds habis saat dipakai.

Bagi kamu yang ingin membeli earphone TWS dengan harga terjangkau tetapi punya fitur lumayan lengkap, audio mumpuni, dan kontroler yang mudah, maka Oppo Enco Buds ini dapat menjadi pilihan yang tepat.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.