Sukses

Perangkat Amazon Akan Otomatis Terdaftar di Amazon Sidewalk Mulai 8 Juni, Apa itu?

Berbagai perangkat Amazon yang memiliki koneksi akan mampu berbagi koneksi dengan perangkat lain yang tidak memiliki konektivitas.

Liputan6.com, Jakarta - Perangkat Amazon segera mampu berbagi koneksi dengan perangkat serupa lain di sekitarnya. Hal ini adalah bentuk langkah uji coba dalam Amazon Sidewalk.

Perangkat yang termasuk dalam uji coba ini di antaranya Alexa, Echo, Ring, dan perangkat Amazon lainnya.

Mulai 8 juni 2021, perusahaan akan secara otomatis mendaftarkan berbagai perangkat Amazon ke program Amazon Sidewalk.

Artinya, berbagai perangkat yang dikeluarkan oleh perusahaan yang memiliki koneksi akan mampu berbagi koneksi dengan perangkat lain yang tidak memiliki konektivitas.

Misalnya, pengguna lain bisa menggunakan bandwith koneksi kamu untuk membantu perangkat tetap terkoneksi internet.

Menurut informasi, program ini akan tersedia terbatas bagi pengguna di Amerika Serikat.

Amazon Sidewalk adalah jaringan bersama yang membantu perangkat bekerja lebih baik. Dioperasikan oleh Amazon tanpa biaya kepada pelanggan, Sidewalk dapat membantu menyederhanakan pengaturan perangkat baru,” tulis Amazon dalam situsnya, mengutip Ars Technica, Senin (31/5/2021).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Kerja Perangkat

Cara kerjanya, perangkat akan memperluas jangkauan kerjanya dengan bandwith rendah untuk membantu perangkat tetap online meski di luar jangkauan WiFi rumah pengguna.

“Di masa mendatang, Sidewalk akan mendukung berbagai pengalaman dari penggunaan perangkat yang mendukung Sidewalk-enabled device, seperti keamanan dan pencahayaan cerdas, serta diagnostik untuk peralatan dan perkakas,” lanjut Amazon.

Dalam segi penggunaan datanya, Amazon Sidewalk memberikan skema sebagai berikut.

Bandwidth maksimum dari Sidewalk Bridge ke server Sidewalk adalah 80Kbps, yaitu sekitar 1/40 dari bandwidth yang digunakan untuk streaming video berdefinisi tinggi.

“Sekarang, saat kamu berbagi koneksi Bridge dengan Sidewalk, total data bulanan yang digunakan oleh Sidewalk, per akun, dibatasi hingga 500 MB, yang setara dengan streaming video definisi tinggi selama sekitar 10 menit,” kata Amazon.

 

3 dari 3 halaman

Berapa Biayanya?

Perusahaan juga menjelaskan mengapa pengguna perlu bergabung dalam program ini. Amazon mengklaim tidak memungut biaya apapun untuk bergabung dengan Sidewalk.

Dengan bergabung dalam Amazon Sidewalk, perangkat akan tetap terhubung dan terus beroperasi dalam jarak yang lebih jauh.

“Misalnya, jika perangkat Echo kamu kehilangan koneksi WiFi, Sidewalk dapat menyederhanakan menghubungkan kembali ke router kamu. Untuk perangkat Ring, kamu dapat terus menerima peringatan gerakan dari Ring Security Camera dan dukungan pelanggan masih dapat memecahkan masalah meskipun perangkat kamu kehilangan koneksi WiFi,” tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.