Sukses

Bill Gates dan Melinda Gates Cerai, Anak-Anak Hanya Dapat 'Sedikit' Harta

Liputan6.com, Jakarta - Bill Gates dan Melinda Gates memutuskan mengakhiri pernikahan yang dibina selama 27 tahun. Tak lama setelah pengumuman perceraian, Bill Gates mengalihkan saham senilai miliaran dolar AS ke Melinda. 

Alih saham tersebut membuat penulis buku "The Moment of Lift" itu masuk ke daftar miliarder.

Bagaimana dengan ketiga anaknya? Mengutip The New York Post, Selasa (11/5/2021), selama ini Bill Gates berjanji untuk tidak membagikan sebagian besar kekayaan kepada ketiga anaknya.

Dalam Ted Talk 2014 dan wawancara dengan The Daily Mail pada 2011, Bill Gates mengatakan masing-masing anak, yakni Jennifer, Rory, dan Phoebe hanya akan mendapatkan 'porsi yang sangat kecil' dari kekayaan sang ayah.

Bill Gates pun kembali membuat pernyataan yang sama di forum online Reddit.

"Saya benar-benar berpikir, memberikan sejumlah besar uang bagi anak-anak bukanlah bantuan bagi mereka," kata Bill Gates, menanggapi pengguna Reddit yang bertanya apakah benar dia hanya mewariskan sedikit uang untuk ketiga buah hatinya.

Rupanya, 'sedikit' uang yang dimaksud Bill Gates adalah USD 10 juta atau setara Rp 142 miliar.

2 dari 3 halaman

Terinspirasi Warren Buffet

Bill Gates juga mengutip sebuah cerita yang dikemukakan miliarder Warren Buffet tentang membatasi warisan dari tahun 1986.

"Itu membuat saya memikirkannya dan memutuskan dia (Warren Buffet) benar. Beberapa orang tidak setuju dengan ini, tetapi Melinda dan saya merasa senang tentang itu," kata Bill Gates.

Tidak jelas apakah Bill Gates dan Melinda masih senang dengan rencana tersebut sekarang, setelah keduanya memutuskan bercerai.

Dalam mengajuan perceraiannya, Melinda Gates mengatakan telah memiliki perjanjian perpisahan. Ketentuan mengenai apa yang diberikan kepada ketiga anak mereka pun tampaknya dicantumkan dalam perjanjian.

Kemungkinan perjanjian ini juga merinci apakah uang untuk anak-anak berasal dari Bill Gates atau Melinda, atau justru dari keduanya.

Kendati demikian, menurut pengacara keluarga dan pernikahan Vicky Poumpouridis, perjanjian perpisahan biasanya tidak memuat mengenai warisan untuk anak-anak.

3 dari 3 halaman

Alih Saham Senilai Miliaran Dolar AS ke Melinda Gates

Menurut informasi yang dikutip dari CNET, Jumat (6/5/2021), berdasarkan dokumen Securities and Exchange Commission per 3 Mei 2021, sebuah firma investasi Cascade Investment yang dikontrol oleh Bill Gates mentransfer saham dengan nilai lebih dari USD 1,8 miliar (Rp 25,8 triliun) kepada Melinda Gates.

Adapun saham yang ditransfer meliputi 14 juta lembar saham Canadian National Railway Co dengan nilai sekitar USD 1,5 miliar (Rp 21,5 triliun) dan 2,9 juta lembar saham AutoNation dengan nilai USD 309 juta (Setara Rp 4,4 triliun).

Alih saham ini membuat Melinda Gates masuk dalam daftar miliarder baru. 

Sebelumnya, melalui akun media sosial, Bill Gates dan Melinda mengumumkan perceraiannya.

"Setelah melalui pemikiran matang dan banyak upaya dalam hubungan kami, kami memutuskan untuk mengakhiri pernikahan kami," kata mereka dalam pernyataan bersama.

Meski berpisah sebagai pasangan suami-istri, Bill Gates dan Melinda akan tetap mengelola yayasan amal mereka bersama-sama.

Petisi untuk bercerai diajukan oleh Melinda Gates. Keduanya memiliki perjanjian perpisahan dan meminta kepemilikan properti dan utang untuk dibagi sesuai dengan yang ditetapkan dalam perjanjian perpisahan.

"Pernikahan ini tidak dapat diperbaiki lagi. Kami meminta pengadilan untuk mengakhiri pernikahan kami dan meminta agar pernikahan berakhir pada tanggal yang disebutkan dalam kontrak perpisahan kami," demikian petisi perceraian keduanya.

(Tin/Isk)