Sukses

Bercerai, Bill Gates Alihkan Saham Senilai Rp 25,8 Triliun ke Melinda Gates

Liputan6.com, Jakarta - Bill Gates dan Melinda Gates, pasangan miliarder sekaligus filantropis terkemuka di dunia, mengumumkan perceraian setelah 27 tahun menikah.

Kendati berpisah, pasangan yang telah dikaruniai tiga anak ini bakal tetap mengelola yayasan amalnya, Bill and Melinda Gates Foundation, bersama-sama.

Yayasan tersebut mengelola dana dalam jumlah besar untuk mengatasi masalah-masalah kesehatan dan pendidikan di komunitas-komunitas di berbagai negara berkembang.

Selama bertahun-tahun, pendiri Microsoft tersebut dinyatakan sebagai orang paling kaya di dunia, sebelum posisinya diambil alih oleh CEO Amazon Jeff Bezos pada 2017. Meski tak lagi jadi orang terkaya di dunia di urutan pertama, Bill Gates tetaplah salah satu orang paling tajir di Bumi.

Bagaimana setelah bercerai? Apakah Melinda Gates akan mendapatkan bagian dari kekayaan Bill Gates?

Menurut informasi terbaru yang dikutip dari CNET, Jumat (6/5/2021), berdasarkan dokumen Securities and Exchange Commission per 3 Mei 2021, sebuah firma investasi Cascade Investment yang dikontrol oleh Bill Gates mentransfer saham dengan nilai lebih dari USD 1,8 miliar (Rp 25,8 triliun) kepada Melinda Gates.

Adapun saham yang ditransfer meliputi 14 juta lembar saham Canadian National Railway Co dengan nilai sekitar USD 1,5 miliar (Rp 21,5 triliun) dan 2,9 juta lembar saham AutoNation dengan nilai USD 309 juta (Setara Rp 4,4 triliun).

2 dari 3 halaman

Umumkan Perceraian

Sebelumnya, melalui akun media sosial, Bill Gates dan Melinda mengumumkan perceraiannya.

"Setelah melalui pemikiran matang dan banyak upaya dalam hubungan kami, kami memutuskan untuk mengakhiri pernikahan kami," kata mereka dalam pernyataan bersama.

Meski berpisah sebagai pasangan suami-istri, Bill Gates dan Melinda akan tetap mengelola yayasan amal mereka bersama-sama.

Petisi untuk bercerai diajukan oleh Melinda Gates. Keduanya memiliki perjanjian perpisahan dan meminta kepemilikan properti dan utang untuk dibagi sesuai dengan yang ditetapkan dalam perjanjian perpisahan.

"Pernikahan ini tidak dapat diperbaiki lagi. Kami meminta pengadilan untuk mengakhiri pernikahan kami dan meminta agar pernikahan berakhir pada tanggal yang disebutkan dalam kontrak perpisahan kami," demikian petisi perceraian keduanya.

3 dari 3 halaman

Bill Gates dan Melinda Bertemu Tahun 1987

Anak tertua pasangan Bill Gates dan Melinda, Jennifer Gates pun membagikan pernyataan melalui Instagram Stories. Ia menyebut saat ini menjadi masa yang sulit bagi keluarganya dan berupaya menguatkan diri sembari mendukung anggota keluarganya.

Sekadar informasi, Bill Gates memperoleh kekayaannya melalui Microsoft, perusahaan perangkat lunak yang ia dirikan bersama Paul Allen di tahun 1975.

Kini Bill Gates menjadi orang terkaya nomor 4 di dunia. Forbes menaksir kekayaan Bill Gates sebesar USD 124 miliar.

Bill Gates mengundurkan diri dari peran CEO Microsoft pada 2008 dan meninggalkan dewan direksi perusahaan pada 2020 untuk fokus pada upaya filantropinya.

Bill Gates dan Melinda French pertama kali bertemu tak lama setelah Melinda bekerja di Microsoft pada 1987. Mereka menikah pada 1 Januari 1994 di Hawaii.

(Tin/Isk)