Sukses

Bill Gates dan Melinda Cerai, Bagaimana Nasib Yayasan Amalnya?

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan miliarder Bill Gates dan Melinda secara mengejutkan mengumumkan perceraiannya. Bill Gates dan Melinda cerai setelah 27 tahun menikah dan memiliki tiga anak yang kini beranjak dewasa.

Melinda Gates dan Bill Gates merupakan pasangan yang selalu tampak harmonis di muka publik. Selama pernikahannya, keduanya sama-sama mendirikan dan mengelola yayasan amal bernama Bill and Melinda Gates Foundation.

Reuters melaporkan, Bill and Melinda Gates Foundation merupakan salah satu yayasan amal terbesar di dunia. Yayasan ini didirikan pada 2000 dan mendanai sejumlah proyek terkait isu kesehatan masyarakat dan perempuan, edukasi, hingga perubahan iklim.

Terbaru, Bill and Melinda Gates Foundation mendukung upaya pengembangan vaksin Covid-19, tes diagnostik, hingga perawatan kesehatan.

Yayasan amal ini telah menggelontorkan dana dalam jumlah besar untuk menangani masalah-masalah di atas. Dalam bukunya The Moment of Lift, Melinda Gates bercerita bagaimana upaya yayasan menjangkau banyak komunitas di berbagai negara berkembang mulai dari Asia hingga Afrika, agar dapat menjadi komunitas yang berdaya dan sehat.

Bisa dikatakan, yayasan tersebut cukup berdampak dalam mengentaskan kemiskinan dan berbagai upaya meningkatkan kesehatan masyarakat. Lantas, setelah keduanya bercerai, bagaimana nasib Bill and Melinda Gates Foundation?

2 dari 3 halaman

Tetap Jadi Mitra untuk Jalankan Yayasan

Dalam pernyataan mengenai perceraian, Melinda dan Bill Gates yang diunggah di akun Twitter Bill Gates menyebut bahwa keduanya akan tetap menjalankan yayasan amal tersebut bersama, seperti sebelumnya.

"Selama 27 tahun (pernikahan), kami telah mendidik tiga anak yang sangat luar biasa dan membangun yayasan yang bekerja di seluruh dunia, yang memungkinkan semua orang mendapatkan kehidupan yang sehat dan produktif. Kami akan terus berbagi keyakinan dalam misi itu," kata Melinda dan Bill Gates dalam pernyataan bersama.

Sekadar informasi, mengutip CNBC, Selasa (4/5/2021), Bill and Melinda Gates Foundation memiliki aset sebesar USD 51 miliar atau setara Rp 736,1 triliun.

"Kami mencoba mencari tahu bagaimana kami dapat menggunakan suara kami untuk meningkatkan visibilitas kesehatan global dan bagaimana sumber daya kami dapat mulai meyelamatkan dan mengubah kehidupan," demikian pernyataan misi yayasan amal Gates.

3 dari 3 halaman

Dari Mana Sumber Dana Yayasan Gates?

Salah satu capaian nyata dari Bill and Melinda Gates Foundation adalah pasangan ini telah membantu memberantas 98 persen kasus polio dan memberikan USD 2 miliar dalam bentuk hibah untuk mengentaskan malaria.

Dana filantropi Bill and Melinda Gates sendiri salah satunya berasal dari transfer saham Microsoft sebesar USD 20 miliar.

Selain itu, investor dan miliarder terkemuka di dunia, seperti Warren Buffet, juga memberikan sumbangan signifikan kepala Bill and Melinda Gates selama bertahun-tahun.

Melinda dan Bill Gates mengakhiri hubungannya sebagai pasangan namun tetap menjadi mitra dalam mengelola yayasan amal mereka. Keduanya menikah di Hawaii pada 1994 dan memiliki tiga orang anak, yakni Jennifer, Rory, dan Phoebe Gates.

(Tin/Ysl)