Sukses

Samsung Bakal Produksi Massal Layar OLED untuk Laptop

Liputan6.com, Jakarta - Samsung Display mengumumkan akan memproduksi massal layar OLED 90Hz pertama untuk laptop. Menurut Samsung, sudah ada sejumlah perusahaan teknologi yang akan merilis laptop dengan layar OLED di tahun ini.

Dikutip dari The Verge, Sabtu (23/1/2021), CEO Samsung Display, Choi Joo-sun, menuturkan pihaknya akan mulai melakukan manufaktur layar OLED untuk laptop secara massal pada Maret 2021.

Adapun panel yang digarap berukuran 14 inci, tapi tidak ada informasi detail mengenai spesifikasi layar ini, termasuk soal resolusi dan aspect ratio. Ada kemungkinan perusahaan akan memproduksi beberapa jenis layar.

Samsung mengklaim kemampuan layar OLED 90Hz yang dibesutnya memiliki respons yang lebih cepat, terutama saat menampilkan konten dengan gerakan cepat.

Untuk diketahui, panel layar OLED sebenarnya bukan tidak pernah dipakai di laptop, tapi memang tidak umum. Beberapa laptop gaming diketahui sudah pernah memakai panel layar dengan tipe ini.

Samsung sendiri dikenal sebagai salah satu vendor layar OLED terbesar di dunia. Karenanya dengan pengumuman ini, tidak tertutup kemungkinan laptop dengan layar OLED akan semakin banyak rilis di 2021. 

2 dari 3 halaman

Samsung Australia Ungkap Varian Baru Warna Galaxy S21 Plus

Samsung sendiri baru saja mengumumkan kehadiran smartphone premium terbarunya, yakni Galaxy S21 series pada Kamis 14 Januari 2021.

Pada acara itu, Samsung merilis tiga smartphone baru mereka, termasuk Galaxy S21, Galaxy S21 Plus, dan Galaxy S21 Ultra.

Hadir dengan berbagai peningkatan dari segi hardware dan kemampuan kamera, Galaxy S21 series juga hadir dalam beberapa varian warna yang cukup beragam.

Menariknya, ada satu varian warna yang tidak diungkap oleh perusahaan saat acara Galaxy Unpacked 2021, dan saat ini bocor di laman web resmi Samsung Australia.

Dilansir LetsGoDigital via GSM Arena, Rabu (20/1/2021), Samsung Australia membuka pre-order untuk Galaxy S21 Plus dengan varian warna Phantom Green di laman web resmi mereka.

Saat diumumkan, Galaxy S21 Plus series--untuk pasar Indonesia--hadir dalam tiga pilihan warna, yaitu Phantom Silver, Phantom Violet, dan Phantom Black.

Rencananya, Samsung akan mulai menjual lini Galaxy S21 ini pada 5 Februari 2021.

3 dari 3 halaman

Spesifikasi Galaxy S21, Galaxy S21 Plus, dan Galaxy S21 Ultra

Tampil sebagai model paling murah dari ketiganya, Galaxy S21 memiliki layar Dynamic AMOLED 2X FHD+ berukuran 6,2 inci dengan frame rate hingga 120Hz.

Seperti disebutkan sebelumnya, Galaxy S21 memiliki tiga kamera utama dengan masing-masing berkemampuan 64MP telephoto, 12MP wide, dan 12MP ultra wide. Sementara kamera depannya, Samsung melengkapi Galaxy S21 ini dengan sensor 10MP.

Galaxy S21 didukung dengan RAM 8GB LPDDR5 yang memungkinkan transfer daya berlangsung sangat cepat dengan memori internal sebesar 128GB dan 256GB.

Galaxy S21 Plus hadir dengan layar FHD+ Dynamic AMOLED 2x berukuran 6,7 inci dan refresh rate hingga 120Hz.

Seperti Galaxy S21, Galaxy S21 Plus memiliki tiga kamera masing-masing berkemampuan ultra wide 12MP, 12MP, dan telephoto 64MP.

Adapun kamera depannya sama dengan Galaxy S21, yakni 10MP. Soal RAM, Galaxy S21 yang beredar di Indonesia adalah 8GB dan memori internal 128GB atau 256GB.

(Dam/Ysl)

BERANI BERUBAH: Dodol Perekat Korban PHK