Sukses

Tren Penelusuran di Google Sepanjang 2020

Liputan6.com, Jakarta - Google merilis Year in Search 2020 yang berisi momen dan tren yang terjadi sepanjang tahun ini berdasarkan penelurusan di Indonesia.

Pandemi Covid-19 pada tahun ini memberikan sedikit perubahan pada kebiasaan penelusuran pengguna internet di layanan pencarian Google, yang lebih menunjukkan ketangguhan menghadapi tantangan dan perubahan.

Google merangkum tren penelusuran pada tahun ini dalam sembilan kategori yaitu Siapa, Kepergian Tokoh, Peristiwa Nasional, Lirik Lagu, Apa itu, Bagaimana Cara, Resep, Film dan daftar utama Tren Penelusuran secara keseluruhan.

"Pencarian di Indonesia sekarang bukan hanya soal pertanyaan mencoba mengerti, tapi juga mengubah dari pertanyaan itu menjadi suatu tindakan. Ini menunjukkan betapa orang Indonesia sebagai bangsa yang tangguh, bisa beradaptasi dengan new normal, dan sifatnya bergerak maju," ungkap Head of Consumer App Marketing Google Indonesia, Fida Heyder dalam konferensi pers dengan awak media pada Selasa (9/12/2020).

Tantangan baru yang muncul di tahun ini, menyebabkan orang Indonesia tidak ingin hanya mengikuti percakapan, tetapi berusaha memahami kabar terbaru. Hal ini terlihat dari isu-isu nasional yang menjadi tren pencarian utama seperti Virus Corona, Omnibus Law, Hand Sanitizer, Kartu Pra-Kerja, Odading, dan Google Classroom.

Tren penelusuran tahun ini juga menunjukkan bagaimana orang Indonesia tergerak oleh tindakan. Beberapa penelusuran yang menduduki tren teratas tahun ini membuktikan hal tersebut, yaitu bisa dilihat dari kata kunci seperti "cara membuat hand sanitizer", "cara mendaftar UKM online", "cara menjadi reseller", hingga "cara menjadi YouTuber pemula."

2 dari 3 halaman

Tren Pencarian Lain (I)

Untuk kategori Apa Itu, yang menjadi tren pencarian antara lain adalah Ghosting, Gabut, Lockdown, Virus Corona, PSBB, dan Among Us.

Sementara di kategori Siapa yang populer termasuk Bintang Emon, Hyun Bin, Kim Soo Hyun, Najwa Shihab, dan Tara Basro.

Tren pencarian dalam karegori Kepergian Tokoh di antaranya Glenn Fredly, Didi Kempot, Omas, Kobe Bryant, dan Ria Irawan.

 

3 dari 3 halaman

Tren Pencarian Lain (II)

Pada kategori Resep yang populer termasuk Donat, Dalgona Coffee, Odading, Bakso Mercon, dan Rendang Sapi. Sementara kategori Lirik Lagu, Lathi dari Weird Genius ft Sara Fajira, Dynamite milik BTS, dan How you Like That dari Blackpink.

Untuk tren penelusuran di kategori Film/TV Series antara lain Tilik, Carash Landing on You, Mulan, dan Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini. Sementara di kategori Berita termasuk Kartu Pra Kerja, Daftar UMKM online, Omnibus Law, Covid-19, dan PSBB Jakarta.

Sebagai catatan, daftar ini tidak disusun berdasarkan tingkat popularitas hasil penelusuran. Data diperoleh berdasarkan penelusuran sampai dengan 30 November 2020.

Year in Search 2020 menggambarkan topik apa saja yang populer di Indonesia sepanjang tahun ini, dan mengalami peningkatan dalam periode yang berkelanjutan selama 2020 dibandingkan 2019.

(Din/Why)