Sukses

Genshin Impact Jadi Gim Terbaik 2020 di App Store dan Google Play

Liputan6.com, Jakarta - Genshin Impact dinobatkan jadi gim terbaik 2020 di toko aplikasi App Store dan Google Play. Informasi ini diumumkan langsung oleh masing-masing perusahaan, yakni Apple dan Google.

Pasalnya, jelang berakhirnya tahun 2020, kedua toko aplikasi tersebut mulai merilis daftar aplikasi dan gim terbaik sepanjang tahun.

Mengutip laman GameSpot, Jumat (4/12/2020), Google Play pertama kali memberikan penghargaan tertinggi untuk Genshin Impact.

Menurut toko aplikasi Android ini, ukuran gim dan permainan yang menyenangkan jadi faktor yang membuat Genshin Impact layak disebut sebagai gim terbaik.

"Genshin Impact mengejutkan kami dengan skala dan ambisinya yang cukup besar. Pertarungan di gim ini berlangsung dengan cepat dan lancar. Setiap pertarungan menjadi tontonan yang luar biasa," kata Google Play.

Google meringkas, gim Genshin Impact merupakan permainan terbaik tahun ini.

2 dari 3 halaman

Apple Tak Ungkap Alasan Pilih Genshin Impact

Sementara itu, Apple tidak mengungkap apa alasan mereka memilih Genshin Impact jadi gim terbaik tahun 2020.

Namun, beberapa gim lain juga mendapatkan penghargaan di kategori aplikasi gim mereka.

Legends of Runeterra misalnya, dinyatakan sebagai gim iPad terbaik tahun 2020. Sementara itu, Disco Elysium mendapatkan penghargaan sebagai gim terbaik versi Mac.

Ada pula gim Dandara Trials of Fears sebagai gim terbaik di Apple TV, diikuti Sneaky Sasquatch sebagai gim terbaik di layanan Apple Arcade.

Bicara Genshin Impact, baru-baru ini pengembangnya menambahkan Zhongli sebagai karakter yang bisa dimainkan dan memberi pengaruh yang kuat tahun ini. Tampilan gim ini mengingatkan pada gim The Legend of Zelda: Breath of the Wild.

Selain ada di Android dan Apple, Genshin Impact juga tersedia dalam versi PS4, PS5, dan Windows PC. Versi Nintendo Switch gim ini juga dikabarkan tengah dalam pengerjaan.

3 dari 3 halaman

Genshin Impact Raih Pendapatan Rp 5,5 Triliun dalam 2 Bulan

Masih tentang Genshin Impact, sebelumnya perusahaan riset pasar aplikasi mobile Sensor Tower melaporkan, Genshin Impact meraih pendapatan USD 393 juta atau sekitar Rp 5,5 triliun dalam dua bulan pertama sejak peluncuran resminya pada 28 September.

Gim open world RPG itu menuai popularitasnya sangat cepat. Ia mampu mengumpulkan USD 60 juta hanya dalam pekan pertama sejak dirilis.

"Pada akhir bulan pertamanya, ia telah meraup USD 245 juta. Pada bulan berikutnya, ia mengumpulkan USD 148 juta," ujar Craig Chapple Mobile Insights Strategist, EMEA dikutip dari Sensor Tower, Rabu (2/12/2020).

Selama dua bulan pertama, kata Craig, Genshin Impact merupakan gim mobile dengan pendapatan tertinggi kedua di seluruh dunia, satu peringkat di bawah Honor of Kings dari Tencent.

"Rata-rata, Genshin Impact mendapatkan lebih dari USD 6 juta per hari selama periode tersebut," tutur Criag.

China menjadi sumber pemasukan tertinggi selama dua bulan pertama Genshin Impact, yang menghasilkan lebih dari USD 120 juta. Itu setara dengan 30,5 persen dari total pendapatan.

(Tin/Ysl)