Sukses

Genshin Impact Raih Pendapatan Rp 5,5 Triliun dalam Dua Bulan Pertama

Liputan6.com, Jakarta - Genshin Impact, menurut perusahaan riset pasar aplikasi mobile Sensor Tower, meraih pendapatan USD 393 juta atau sekitar Rp 5,5 triliun dalam dua bulan pertama sejak peluncuran resminya pada 28 September.

Gim open world RPG itu menuai popularitasnya sangat cepat. Ia mampu mengumpulkan USD 60 juta hanya dalam pekan pertama sejak dirilis.

"Pada akhir bulan pertamanya, ia telah meraup USD 245 juta. Pada bulan berikutnya, ia mengumpulkan USD 148 juta," ujar Craig Chapple Mobile Insights Strategist, EMEA dikutip dari Sensor Tower, Rabu (2/12/2020).

Selama dua bulan pertama, kata Craig, Genshin Impact merupakan gim mobile dengan pendapatan tertinggi kedua di seluruh dunia, satu peringkat di bawah Honor of Kings dari Tencent.

"Rata-rata, Genshin Impact mendapatkan lebih dari USD 6 juta per hari selama periode tersebut," tutur Criag.

China menjadi sumber pemasukan tertinggi selama dua bulan pertama Genshin Impact, yang menghasilkan lebih dari USD 120 juta. Itu setara dengan 30,5 persen dari total pendapatan.

2 dari 3 halaman

Situs Web Genshin Impact Diduga Bocorkan Nomor Ponsel Pemain

Sebelumnya MiHoYo, pengembang gim Genshin Impact dilaporkan telah membocorkan sejumlah data pribadi gamer, seperti nomor ponsel yang terhubung dengan akun gim tersebut.

Sebagaimana dilaporkan oleh Vice, pemain gim bergenre action role-playing game ini sudah melaporkan kebocoran data tersebut berminggu-minggu.

Dikutip dari Vice via Eurogamer, Senin (16/11/2020), nomor telepon pemain Genshin Impact dapat dicari dengan menggunakan nama mereka di situs web gim resmi via sistem pemulihan password.

"Saat saya mencoba beberapa username secara acak [dari subreddit Genshin Impact], dan saya bisa melihat nomor ponsel mereka," kata skydtlee, pengguna Reddit kepada Vice.

"Jika masuk situs web akun miHoYo dan pilih lupa password, dan memasukkan nama pengguna kamu, akan muncul email yang disensor sebagian. Tetapi, jika menautkan nomor ponsel ke akun, ternyata informasi itu tidak disensor sama sekali," tambah komentator di Reddit.

Hingga saat ini, MiHoYo belum berkomentar secara terbuka tentang pelanggaran keamanan dan masih belum jelas berapa informasi data pemain yang terdampak.

Akan tetapi, masalah tersebut tampaknya telah diselesaikan oleh pengembang gim Genshin Impact secara diam-diam.

3 dari 3 halaman

Genshin Impact Akan Sambangi PS5

Dikabarkan, Genshin Impact akan meluncur di konsol terbaru milik Sony, yakni PlayStation 5 (PS5).

Rencananya, MiHoYo akan mengulirkan update Genshin Impact versi 1.1 hari ini, dan pembaruan besar-besaran gim gratis tersebut baru pada 11 November 2020.

Pengembang akan menambahkan sejumlah konten baru di dalam gim Genshin Impact, termasuk quest, karakter, dan event musiman bernama Unreconciled Stars.

Menurut MiHoYo, pembaruan tersebut juga akan menambahkan fitur kompatibilitas agar gim itu bisa dimainkan di konsol PS5.

"Melalui fitur kompatibilitas di PS5, Genshin Impact akan tampil dengan grafis lebih baik dan loading yang lebih cepat," ujar MiHoYo sebagaimana dikutip dari IGN, Senin (2/11/2020).