Sukses

Facebook Bakal Kedatangan Fitur Dark Mode

Liputan6.com, Jakarta - Facebook akhirnya dilaporkan bakal kedatangan fitur dark mode di aplikasinya. Informasi ini diketahui dari laporan 9to5Google beberapa waktu lalu yang sudah mencoba fitur anyar itu.

Dikutip dari GSM Arena, Minggu (7/6/2020), fitur dark mode ini dapat disetel secara manual atau mengikuti pengaturan sistem perangkat. Adapun tampilan dark mode di Facebook ini tampil dengan latar belakang hitam yang dipadu ikon abu-abu.

Namun perusahaan tetap menyertakan akses warna biru yang menjadi ciri khas aplikasi tersebut. Hanya untuk sekarang belum dapat dipastikan kapan fitur ini akan hadir bagi publik.

Sebagai informasi, fitur dark mode di Facebook memang terbilang lebih lambat dibandingkan aplikasi lain milik media sosial tersebut. Sebab, aplikasi WhatsApp dan Instagram sudah menerapkannya, Facebook Lite kini hadir dengan fitur tersebut.

Selain fitur dark mode, perusahaan juga diketahui akan mengubah desain fitur Time on Facebook di dalam aplikasi. Sesuai namanya, fitur ini akan memberikan informasi mengenai durasi yang dihabiskan pengguna mengakses media sosial tersebut.

Terakhir, Facebook itu juga dilaporkan tengah mengembangkan fitur untuk melacak penyebaran virus corona secara lokal. Fitur ini nantinya akan menampilkan data penyebaran di Amerika Serikat maupun global.

2 dari 3 halaman

Pengguna Facebook Kini Bisa Transfer Foto ke Google Photos

Sebelumnya, Facebook akhirnya merilis secara global fitur yang memungkinkan pengguna memindahkan foto di platform media sosial tersebut ke Google Photos. Sebelumnya, fitur ini hanya tersedia untuk pengguna di beberapa negara.

Dikutip dari The Verge, Jumat (5/6/2020), fitur ini merupakan tools yang dapat digunakan pengguna untuk mengkopi foto atau video di akun Facebooknya, lalu ditransfer ke akun Google Photos yang sudah ditautkan.

Sebagai informasi, tools ini pertama kali diperkenalkan Facebook pada akhir 2019. Lalu dirilis secara bertahap di sejumlah negara, dan pada paruh pertama 2020 tools ini tersedia global.

"Selama hampir satu dekade, (Facebook) memungkinkan pengguna mengunduh informasi dari layanan media sosial," ungkap Steve Satterfield, Director of Privacy and Public Policy di Facebook saat pertama kali memperkenalkan tools ini.

Untuk diketahui, tools transfer foto ini dibuat berdasarkan kode open-source dari Data Transfer Project. Adapun Data Transfer Project ini juga mencakup beberapa partisipisan, seperti Apple, Google, Microsoft, Twitter dan lainnya.

3 dari 3 halaman

Cara Transfer Foto dari Facebook ke Google Photos

Bagi kamu yang ingin mengetahui cara memindahkan foto atau video dari Facebook ke Google Photos, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Saat masuk ke akun Facebook, buka menu 'Settings'.
  2. Setelah itu, pilih tab 'Your Facebok Information'.
  3. Terakhir, klik 'Transfer a copy of your Photos or Video'.

Untuk sekarang, pengguna memang baru dimungkinkan untuk menyalin data ke Google Photos. Namun juru bicara Facebook mengatakan nantinya tools ini juga dapat mendukung layanan dari perusahaan lain yang tergabung dalam Data Transfer Project.

(Dam/Ysl)