Sukses

Grab Rilis Delivery Doodles, Sulap Gambar Anak-Anak jadi Pesanan Makanan

Liputan6.com, Jakarta - Grab merilis fitur Delivery Doodles dalam layanan GrabFood-nya. Fitur ini berawal dari ide untuk mengusir rasa bosan anak-anak selama harus di rumah pada masa pandemi Covid-19 dengan bantuan teknologi AI.

Nah, pesan makanan bisa menjadi salah satu hal seru untuk dilakukan bersama anak-anak, melalui kegiatan menggambar makanan (doodle).

Nantinya, gambar makanan buatan anak-anak bisa dikenali oleh teknologi artificial intelligence atau kecerdasan buatan milik Google dan diterjemahkan dalam bentuk pesanan dalam GrabFood.

Gambar yang dikenali pun bermacam, dari mulai kue, pizza, donat, es krim, dan lain-lain.

Anak-anak hanya perlu menggambar yang ingin mereka nikmati dan memindai gambar tersebut dengan fitur Delivery Doodle di aplikasi Grab.

Selanjutnya, Delivery Doodles akan memprediksi gambar makanan dan memberikan rekomendasi sejumlah restoran terdekat yang memiliki makanan dalam daftar menu mereka untuk diantarkan ke pelanggan.

GrabFood Delivery Doodles tersedia sebagai proyek pilot di Malaysia (22 Mei), Vietnam (25 Mei), dan Indonesia (1 Juni).

2 dari 3 halaman

Machine Learning yang Belajar dari 10.000 Gambar

Sekadar informasi, GrabFood Delivery Doodles dibangun berdasarkan model machine learning yang mampu mengenali berbagai gambar hidangan lokal seperti Martabak, Nasi Goreng, Pisang Goreng dan Ayam Geprek.

Lebih dari 10,000 gambar disumbangkan oleh para karyawan Grab, Google, serta kerabat mereka untuk membantu ‘mengajarkan sistem komputer dalam mengenali beragam jenis gambar anak-anak’.

Managing Director Asia Pacific Operations Google Aurelien Pichon mengatakan, teknologi pendukung Grab Delivery Doodles adalah model machine learning yang dikustomisasi dan dibangun menggunakan tensorflow.js yang dijalankan dalam sebuah perangkat secara near real time.

 

 

3 dari 3 halaman

Sekaligus Bantu Merchant Lokal

"Kami harap fitur ini akan bermanfaat dan juga memberikan pengalaman menyenangkan bagi para keluarga yang kini menghabiskan lebih banyak waktu di rumah, seraya membantu keberlangsungan bisnis di seluruh kawasan,” kata Pichon, dalam keterangan resmi Grab, Selasa (2/6/2020).

Sementara, Country Head of Marketing, Grab Indonesia Daniel Van Leeuwen menyebut, kehadiran fitur ini menawarkan pengalaman baru yang menyenangkan untuk keluarga di Indonesia melalui pemanfaatan teknologi.

"Dengan fitur GrabFood Delivery Doodles, anak-anak Indonesia dapat mengubah gambar dari beragam jenis santapan favorit khas Nusantara menjadi pesanan makanan, yang juga menjadi wujud dukungan terhadap mitra merchant kami,” katanya.

(Tin/Ysl)