Sukses

Bisnis Pengantaran Grab Meningkat selama Pembatasan Sosial

Liputan6.com, Jakarta - Grab Indonesia mengungkapkan terjadi peningkatan pada bisnis pengantaran seperti GrabFood, GrabExpress, dan GrabFresh di Indonesia selama social dan physical distancing (pembatasan sosial dan fisik) beberapa pekan terakhir.

Pandemi Covid-19 membuat pemerintah memberlakukan social dan physical distancing mulai pertengahan bulan lalu.

Di sisi lain, pembatasan tersebut memengaruhi bisnis transportasi online Grab.

"Namun, pada saat yang sama kami juga melihat peningkatan pada bisnis pengantaran kami seperti GrabFood, GrabExpress dan GrabFresh powered by HappyFresh di Indonesia. Hal ini menandakan bahwa kami memiliki diversifikasi bisnis," ujar Head of Public Affairs Grab Indonesia, Tri Sukma Anreianno, dalam keterangannya kepada Liputan6.com, Senin (6/4/2020).

Dalam beberapa pekan ke depan, Grab akan memperluas GrabMart, layanan pengiriman barang-barang kebutuhan harian, serta GrabAssistant yaitu layanan on-demand concierge di seluruh Indonesia. Langkah ini diharapkan dapat membantu lebih banyak orang dapat tetap berada di rumah, sebagai upaya untuk memutus rantai penyebaran virus.

"Pengembangan layanan-layanan baru ini juga akan memberikan mitra pengemudi kami akses terhadap peluang penghasilan yang lebih beragam melalui platform Grab," ungkap Tri Sukma.

2 dari 2 halaman

Fokus Perusahaan

Menurut Tri, masih terlalu awal untuk menilai atau mengukur berapa peningkatan atau penurunan yang terjadi disebabkan penyebaran Covid-19 di Indonesia. Sebaliknya, perusahaan kini tengah fokus memastikan keamanan, kesehatan, dan kesejahteraan pada mitra dan pelanggan.

"Kami sangat berterima kasih kepada mitra kami yang tetap melayani pelanggan dalam masa yang penuh tantangan ini untuk mengantarkan makanan, bahan makanan dan layanan lainnya kepada para pengguna kami. Dengan bahu-membahu dan memastikan roda perekonomian Indonesia terus berjalan, bersama-sama kita dapat meratakan kurva pandemi ini," tutur Tri. 

Grab juga menegaskan komitmen kerja sama dengan pemerintah untuk menjaga komunitas agar tetap aman, serta terus memastikan layanan yang dibutuhkan oleh masyarakat.

"Inisiatif-inisiatif yang segera kami rumuskan difokuskan pada upaya untuk memastikan keamanan dan keselamatan semua orang di ekosistem kami yaitu mitra pengemudi, mitra merchant, dan pelanggan kami," kata Tri.

(Din/Why)