Sukses

Arduino Rilis Modul untuk Pengembangan IoT

Liputan6.com, Jakarta - Arduino merilis sebuah modul minim kode untuk pengembangan solusi IoT.

Gagasan di balik produk ini adalah untuk membuka peluang bagi usaha kecil dan menengah untuk mengembangkan solusi IoT tanpa perlu berinvestasi di sumber daya teknis.

Mengutip Tech Crunch, Kamis (9/1/2020), produk bernama Arduino Portenta H7 ini menawarkan chip crypto-authentication dan modul komunikasi untuk Wi-Fi, Bluetooth rendah daya, LTE, dan Narrowband IoT.

Dapur pacunya ialah mikrokontroler Arm 32-bit, Cortex-M7 atau M4. Ia berjalan di Mbed OS dan mendukung kode Arduino, serta aplikasi Python dan JavaScript.

2 dari 2 halaman

Mbed OS dengan Cortex-M IP

"Usaha kecil dan menengah dengan persyaratan industri memerlukan pengembangan yang disederhanakan melalui alat pengembangan perangkat lunak dan perangkat keras yang aman untuk secara ekonomis merealisasikan ide solusi IoT mereka," kata Charlene Marini, Wakil Presiden Strategi untuk Arm IoT Services Group.

Kombinasi Mbed OS dengan Cortex-M IP di Arduino Portenta Family, menurut Charlene, akan "memungkinkan jutaan pengembang Arduino untuk secara aman dan mudah mengembangkan dan menggunakan perangkat IoT dari prototipe hingga produksi."

Saat ini modul H7 baru tersedia untuk penguji beta. Rencananya modul ini akan tersedia untuk publik pada Februari 2020.

(Why/Isk)

Loading
Artikel Selanjutnya
Telkomsel Suntik Dana ke Startup Berbasis IoT asal AS
Artikel Selanjutnya
Peran Penting IoT untuk Industri dan Pemerintah Indonesia