Sukses

Tajir, YouTuber Cilik Berusia 6 Tahun Beli Rumah Rp 112 Miliar

YouTuber cilik membeli rumah seharga USD 8 juta atau setara Rp 112,1 miliar.

Liputan6.com, Jakarta - Teknologi selain memudahkan kehidupan juga menjadi peluang untuk mencari uang bagi banyak orang, tak terkecuali bagi anak-anak.

Lewat media sosial dan platform berbagi video kreatif seperti YouTube, anak-anak di bawah 10 tahun pun bisa berkreasi menjadi pembuat konten. Tak ketinggalan, juga dengan pendapatan yang tinggi.

Jika sebelumnya ada YouTuber usia 7 tahun, Ryan, dengan channel Ryan ToysReview yang mengumpulkan Rp 160 miliar pada 2017.

Kini, YouTuber cilik asal Korea Selatan, Boram, disebut-sebut berhasil membeli rumah sebesar USD 8 juta (setara Rp 112,1 miliar).

Mengutip laman Ubergizmo, Kamis (1/8/2019), YouTuber cilik asal Korea ini masih berusia 6 tahun. Namun dia berhasil membeli rumah mahal yang mungkin sulit dibeli oleh orang dewasa di Korea.

Gadis kecil ini membeli rumah di pusat kota. Tepatnya di salah satu wilayah paling mahal di Korea, yakni Gangnam di Seoul.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tudingan Eksploitasi Anak

Sayangnya, di balik keberhasilan keuangannya itu, Boram menuai kontroversi, terutama orangtuanya.

Pasalnya, ada beberapa keluhan yang diajukan oleh LSM Save the Children yang prihatin bahwa Boram mungkin telah dieksploitasi. Pihak lembaga sosial ini prihatin, orangtua Boram sengaja mendulang keuntungan dari anak mereka.

LSM ini juga mengeluhkan beberapa konten di saluran YouTube Boram dapat memberikan dampak buruk bagi orang lain, termasuk bagi anak-anak.

3 dari 3 halaman

Vlogger Cilik Paling Tajir

Sebelumnya, seorang bocah berusia 7 tahun bisa mendulang uang ratusan miliar rupiah dari aktivitas nge-vlog.

Bocah yang dimaksud adalah Ryan, seorang YouTuber cilik yang biasa melakukan unboxing dan mengulas mainan-mainan anak terbaru.

Ryan memiliki saluran sendiri bernama Ryan ToysReview di sebuah layanan video berbagi. Nah, berkat aktivitasnya sebagai vlogger, Ryan dinobatkan sebagai salah satu miliarder termuda.

Sebagaimana dikutip dari Business Insider, Selasa (21/8/2018), saluran Ryan ReviewToys yang dikelola oleh keluarga Ryan meraup USD 11 juta atau setara Rp 160 miliar setahun pada 2017.

Hal ini berdasarkan pada daftar seleb YouTube dengan penghasilan tertinggi pada 2017 versi Forbes.

Saat ini, saluran Ryan ToysReview telah memiliki 10 juta pelanggan, sehingga tarif iklannya per bulan bisa mencapai USD 1 juta atau setara Rp 14,5 miliar.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini