Sukses

Bikin Iri, Bocah 7 Tahun Ini Raup Rp 160 Miliar dari Nge-vlog

Seorang bocah berusia 7 tahun menjadi salah satu vlogger dengan pendapatan tertinggi versi Forbes, saluran videonya Ryan ToysReview meraup Rp 160 miliar per tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa sangka, seorang bocah berusia 7 tahun bisa mendulang uang ratusan miliar rupiah dari aktivitas nge-vlog.

Bocah yang dimaksud adalah Ryan, seorang vlogger cilik yang biasa melakukan unboxing dan mengulas mainan-mainan anak terbaru.

Ryan memiliki saluran sendiri bernama Ryan ToysReview di sebuah layanan video berbagi. Nah, berkat aktivitasnya sebagai vlogger, Ryan dinobatkan sebagai salah satu miliarder termuda.

Sebagaimana dikutip dari Business Insider, Selasa (21/8/2018), saluran Ryan ReviewToys yang dikelola oleh keluarga Ryan meraup USD 11 juta atau setara Rp 160 miliar setahun pada 2017.

Hal ini berdasarkan pada daftar seleb YouTube dengan penghasilan tertinggi pada 2017 versi Forbes.

Saat ini, saluran Ryan ToysReview telah memiliki 10 juta pelanggan, sehingga tarif iklannya per bulan bisa mencapai USD 1 juta atau setara Rp 14,5 miliar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Nge-vlog Sejak Umur 4 Tahun

Selain saluran video milik Ryan, saluran lainnya yang juga meraup pendapatan Rp 160 miliar adalah Smosh, sebuah channel untuk video komedi.

Sebelumnya di tahun 2016, The Verge pernah membuat laporan tentang Ryan yang memulai saluran video vlog-nya pada Maret 2015.

Akun tersebut dibuat ketika Ryan yang saat itu berusia 4 tahun meminta orangtuanya untuk merekam aksi unboxing mainannya dan mengunggah ke layanan berbagi video.

3 dari 3 halaman

Viral pada Juli 2015

Ilustrasi mainan anak-anak. (theartofsimple.net)

Selanjutnya, saluran Ryan ToysReview menjadi viral pada Juli 2015. Video yang dimaksud adalah saat Ryan membuka dan mengulas lebih dari 100 mainan mobil-mobilan Cars, film besutan Pixar. Kini, video tersebut telah disaksikan hingga 800 juta kali.

Kini saluran Ryan ToysReview tak hanya mengulas tentang mainan, tetapi juga produk camilan dan makanan untuk anak-anak.

Video ulasan Ryan biasanya menampilkan komentar jujur Ryan tentang produk yang diulasnya, ia juga tampak antusias membawakan vlog tersebut, tentu dengan panduan orangtua yang merekam aksi gemas Ryan.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.