Sukses

Ini 10 YouTuber dengan Penghasilan Tertinggi

Liputan6.com, Jakarta - Forbes beberapa waktu lalu merilis deretan bintang [YouTube]((3947423 "") dengan penghasilan tertinggi pada 2018, berdasarkan data dan wawancara dengan sejumlah pelaku industri.

Posisi 10 besar dikuasai YouTuber laki-laki dengan setengahnya fokus pada gim.

Seiring dengan popularitas YouTube sebagai platform berbagi video, penggunanya pun meraup keuntungan yang tak kalah banyak. Banyak bintang YouTube mengantongi panghasilan selangit.

Semakin terkenal influencer, maka mereka bisa menggunakan popularitasnya untuk menghasilkan bisnis bernilai jutaan dolar.

Nah, berikut 10 YouTuber dengan penghasilan tertinggi pada tahun lalu versi Forbes, berdasarkan data yang dirangkun mulai 1 Juni 2017 hingga 1 Juni 2018:

Vlogger cilik berusia 7 tahun ini meraup  pendapatan Rp 160 miliar per tahun (Foto: Guinness World Records Kids)

1. Ryan ToysReview: USD 22 juta atau berkisar Rp 317 miliar

Ryan ToysReview merupakan channel YouTube dengan penghasilan tertinggi. Channel ini menampilkan anak laki-laki berusia 7 tahun, Ryan, sebagai pembawa acara.

Orangtuanya mulai mendokumentasikan review mainannya pada Maret 2015, dan kini telah memiliki lebih dari 18 juta subscriber di YouTube. Basis pengikut Ryan memang tidak sebesar bintang top YouTube lain, tapi pertumbuhan pengaruhnya di industri mainan membantunya menumbuhkan pendapatan keluarga sejak 2017.

Ryan ToysReview merupakan salah satu dari beberapa YouTuber yang bekerja sama dengan pocket.watch dan Bonkers Toys, untuk menciptakan lini baru dari lisensi mainan dan buku, serta berkolaborasi dengan bintang YouTube lain.

2. Jake Paul: USD 21,5 juta atau berkisar Rp 309,9 miliar

Kesuksesan dicapai Jake pada tahun lalu sebagai YouTuber kedua dengan penghasilan tertinggi. Konten adik Logan Paul ini, yaitu vlog harian dan video rap. Ia memiliki 18 jutaan subscriber di YouTube.

Sama seperti Logan, popularitas awal Jake di internet bermula dari media sosial Vine. Kontennya di layanan tersebut memiliki lebih dari 5 juta follower dan 2 miliar views.

3. Dude Perfect: USD 20 juta atau berkisar Rp 288,9 miliar

Dude Perfect merupakan channel yang fokus pada olahraga. Channel ini dijalankan oleh lima orang, kembar Cory dan Coby Cotton, Garret Hilbert, Cody Jones, dan Tyler Toney, yang semuanya kuliah di Texas A&M University.

Seiring dengan popularitasnya, Dude Perfect juga memproduksi video dengan sejumlah atlet profesional terkenal, termasuk Odell Beckham Jr., Drew Brees, Chris Paul, dan Dale Earnhardt Jr.

2 dari 4 halaman

YouTuber dengan Penghasilan Tertinggi (II)

4. DanTDM: USD 18,5 juta atau berkisar Rp 267 juta

Streamer gim video asal Australia, Daniel 'DanTDM' Middleton, merupakan salah satu bintang YouTube dengan penghasilan tertinggi.

Popularitasnya meroket berkat tur dunia yang mencakup empat pertunjukan di Sydney Opera House, dan merek pakaian pribadi yang berkembang pesat.

5. Jeffree Star: USD 18 juta atau berkisar Rp 260 juta

Pria yang pernah dikenal sebagai orang yang paling banyak diikuti di MySpace ini, membuat transisi yang sangat sukses di YouTube sejak 2014. Ia mengunggah berbagai macam konten, seperti tips kecantikan, turotial, dan vlog harian.

Star memiliki lebih dari 13 juta subscriber dengan sekira 300 video.

6. Markiplier: USD 17,5 juta atau berkisar Rp 252,9 miliar

Mark Edward Fischbach atau "Markiplie", merupakan salah satu gamer YouTuber paling terkenal selama lebih dari lima tahun terakhir. Ia sering berkolaborasi dengan pembuat konten terkenal lainnya.

Markiplier memiliki lebih dari 23 juta subscriber di YouTuber.

3 dari 4 halaman

YouTuber dengan Penghasilan Tertinggi (III)

7. VanossGaming: USD 17 juta atau berkisar Rp 245,6 miliar

VanossGaming adalah channel yang dijalankan oleh gamer asal Kanada, Evan Fong. Namun, ia jarang muncul di depan kamera.

Channel miliknya menonjol karena pengeditan yang unit, original art, dan bernada komedi.

8. Jacksepticeye: USD 16 juta atau berkisar Rp 231 juta

Sean 'Jacksepticeye' McLoughlin merupakan salah satu YouTuber yang menjadi bagian dari jaringan Revelmode PewDiePie disponsori Disney. Keterlibatannya memberikan dampak positif terhadap perkembangan karirnya di YouTube.

9. PewDiePie: USD 15,5 juta atau berkisar Rp 223,9 juta

Selama beberapa tahun belakangan, Felix 'PewDiePie' Kjellberg, merupakan YouTuber paling sukses. Namun skandal rasisme dan anti-semitisme yang dialaminya membuat sponsornya berkurang.

Kendati demikian, PewDiePie tetap berhasil meningkatkan total pendapatannya sekira USD 3,5 juta antara Juni 2017 dan Juni 2018.

PewDiePie merupakan akun YouTube dengan subscriber terbanyak, lebih dari 92 juta, sampai T-Series mengalahkannya beberapa waktu lalu. Channel YouTube asal India itu berhasil merebut posisi tersebut dari PewDiePie pada akhir Maret 2019.

10. Logan Paul: USD 14,5 juta atau berkisar Rp 209,5 miliar

Vlogger Logan Paul masih merupakan salah satu YouTuber dengan pendapatan tertinggi. Namun, ungguhan video mayat yang ditemukannya di hutan Aokigahara, Jepang, membuatnya mendapatkan kecaman.

Dampak dari kasus itu, YouTube mencoret Paul dari program Google Preferred dan membuat pendapatannya menurun. Terlepas dari skandal ini, Paul masih bisa meningkatkan pendapatannya sebesar USD 2 juta dalam setahun

(Din/Isk)

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Investasi Ala Youtuber Kevin Hendrawan
Artikel Selanjutnya
Ups, Akun YouTube Rentan Diretas Pakai Metode Phishing