Sukses

Cara Kirim Gambar Beresolusi Tinggi di WhatsApp

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp adalah aplikasi bertukar pesan untuk Smartphone dengan menggunakan koneksi internet 3G, 4G atau WiFi.

WhatsApp menawarkan banyak fitur yang dapat kamu gunakan, seperti kemampuan untuk mengirim gambar, video, GIF, file audio, kontak, sampai dengan catatan suara.

Namun, tak jarang para pengguna aplikasi WhatsApp mengeluh karena dalam mengirim gambar harus mengompres file gambar yang dikirim melalui platform pesan instan terlebih dahulu.

Hal ini membuat kualitas gambar berkurang. Meskipun cepat dalam mentransfer file, tidak semua orang suka kecepatan tetapi kualitas atau resolusinya berkurang.

Kamu tentu bisa mengirim gambar dengan cepat tanpa harus mengompresnya. Bagaimana caranya? Berikut cara mengirim gambar di WhatsApp tanpa kompresi seperti yang dikutip dari laman Beebom, Senin (24/6/2019).

 

2 dari 5 halaman

Klik Ikon Penjepit Kertas

Biasanya ketika sedang asik berkirim pesan dengan keluarga, teman, dan sahabat tidak jarang kita melampirkan gambar atau video agar percakapan lebih hidup.

Kini, kamu tidak perlu khawatir ketika ingin mengirim gambar dengan kualitas yang baik tanpa kompres.

Kamu cukup buka aplikasi WhatsApp di smartphone kamu, lalu klik ikon "penjepit kertas" untuk melampirkan foto yang ingin dikirim.

Di sini, kamu tidak lagi menggunakan galeri untuk melampirkan foto, melainkan menggunakan dokumen. Jadi, klik dokumen dan kemudian pilih opsi untuk "Jelajahi dokumen lain".

Karena gambar yang akan kamu kirimkan biasanya terletak di Galeri, jadi kamu harus mencari dahulu tempat foto yang akan kamu kirimkan. Setelah menemukan tempat tersebut, pilih gambar dan klik "Ok".

 

3 dari 5 halaman

Kirim ke Kontak Tertentu

Sekarang, kamu akan diminta untuk mengirim gambar tersebut ke kontak tertentu. Setelah mengirimnya, kamu bisa memeriksa apakah gambar yang kamu kirim telah dikompres atau tidak dengan klik info detail file.

Jika kamu terbiasa dengan mengirim gambar sebagai foto, namun sekarang kamu mengirim gambar tersebut sebagai dokumen agar mencegah WhatsApp mengompres gambar tersebut.

Kamu akan melihat ketika kamu mengirim gambar sebagai dokumen di WhatsApp. Kamu tidak akan mendapatkan pratinjau gambar seperti biasanya.

 

4 dari 5 halaman

Fitur Kompresi

Fitur kompresi gambar dengan cepat yang ada di WhatsApp mempunyai fungsi yang bagus ketika ingin mengirim gambar dengan cepat tetapi tidak terlalu mementingkan kualitas.

Namun, tidak semua orang mempunyai keinginan yang sama. Maka lebih baik jika WatsApp memiliki opsi untuk mengakifkan atau menonaktifkan kompresi pada gambar. Agar bisa mengirim gambar dengan resolusi penuh tanpa mengurangi kualitas gambar.

Jadi, tertarik untuk mencoba?

(Linda Fahira Putri/Isk)

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Atasi Flashdisk Tak Terbaca
Artikel Selanjutnya
Amnesty Internasional Nilai Patroli Grup Whatsapp Menebar Politik Ketakutan