Sukses

Begini Cara Berbagi Lokasi di WhatsApp untuk Perangkat Android dan iOS

Liputan6.com, Jakarta - Siapa sih yang tidak menginstal WhatsApp di dalam smartphone-nya? Sebagian besar dari kamu pasti menggunakan aplikasi pesan instan milik Facebook tersebut.

Jadi salah satu aplikasi pesan instan berbasis internet terpopuler saat ini, WhatsApp memudahkan pengguna untuk mengirim pesan teks, pesan audio, gambar, dan video.

Namun, ada fitur menarik yang mungkin jarang kamu gunakan. Salah satu fitur tersebut adalah berbagi lokasi.

Dengan fitur ini, kamu dapat mengirim tampilan peta lokasi ke kontak. Melakukannya pun semudah saat mengirim pesan teks, audio, gambar, dan video.

Fitur berbagi lokasi ini akan sangat berguna ketika kamu berencana bertemu teman, rekan kerja, klien bisnis, atau siapa pun, sehingga posisi kalian dapat diketahui secara akurat.

Berikut ini adalah cara berbagi lokasi di WhatsApp yang patut kamu ketahui, baik bagi pengguna iOS ataupun Android sebagaimana dikutip dari Ubergizmo, Senin (17/6/2019).

 

2 dari 3 halaman

1. Berbagi Lokasi di WhatsApp

Ilustrasi WhatsApp (iStockPhoto)

Buka aplikasi WhatsApp di smartphone kamu, dilanjutkan dengan klik ikon "+" (iOS) di sudut kiri bawah aplikasi atau paperclip (Android) di kanan bawah.

Pilih lokasi, dan akan muncul peta dengan pin yang menunjukkan lokasi kamu saat ini.

Tap Kirim Lokasi Saat Ini jika kamu puas dengan penempatannya. Atau, kamu dapat memilih berbagai lokasi terdekat lainnya jika dirasa GPS smartphone kurang akurat.

 

3 dari 3 halaman

2. Kirim Lokasi Secara Live di WhatsApp

Cara Baca Pesan WhatsApp Tanpa Ketahuan Online (sumber: istockphoto)

Jika kamu ingin membagikan lokasi, tetapi tidak akan lama berada di tempat tersebut, fitur Share Live Location (Berbagi Lokasi Secara Live) dapat menjadi pilihan.

Fitur ini akan memperbarui lokasi kamu berada meskipun saat bergerak. Seperti cara di atas, kamu dapat mengakses fitur ini langsung dari dalam aplikasi.

Namun, alih-alih memilih Kirim Lokasi Saat ini, kamu dapat tap pada opsi Berbagi Lokasi Secara Live.

Perlu diketahui, fitur Berbagi Lokasi Secara Live ini akan secara otomatis mati jika waktu di timer habis, atau saat kamu tap Berhenti Berbagi.

Gimana, cukup mudah bukan? Selamat mencoba.

(Ysl/Isk)

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Atasi Smartphone yang Tidak Bisa Dicas
Artikel Selanjutnya
Begini Cara Pakai Instagram Biar Tidak Boros Kuota Data