Sukses

Top 3 Tekno: Kupu-Kupu Merah di Luar Angkasa Curi Perhatian

Berikut tiga berita terpopuler Tekno Liputan6.com edisi Senin (1/4/2019).

Liputan6.com, Jakarta - Teleskop Spitzer milik NASA, belum lama ini menangkap foto sebuah objek yang bentuknya mirip dengan kupu-kupu. Objek tersebut berwarna merah dan bertengger di antara ratusan bintang kecil bercahaya. 

Dilansir Geek, objek tersebut dinamai Westerhout 40 (W40). NASA mengungkap objek ini sebuah Nebula, yakni kumpulan awan dan debu raksasa yang membentuk bintang-bintang baru.

Artikel di atas, menjadi artikel yang paling banyak dibaca di kanal Tekno Liputan6.com edisi Senin (1/4/2019).

Tak cuma itu, ada juga dua artikel lain yang tak kalah menarik perhatian, seperti guyonan April Mop yang menjadi trending topic di Twitter, dan juga tentara di Rusia yang dilarang mengunggah foto selfie.

Tanpa berpanjang lebar lagi, berikut rangkuman ketiga beritanya.

1. NASA Tangkap Kupu-Kupu Merah di Luar Angkasa

Objek memiliki dua ‘sayap’, yang merupakan gelembung besar dari gas interstellar yang meledak dari bintang-bintang di wilayah tersebut. 

“Objek ini diambil dari empat foto yang diabadikan teleskop Infrared Array Camera (IRAC),” ujar NASA dalam pernyataan resminya. 

W40 sendiri sempat mendemonstrasikan bagaimana formasi bintang menyebabkan hancurnya awan, yang pada akhirnya membentuk objek serupa kupu-kupu.

“Tekanan gravitasi menciptakan kumpulan awan besar berisikan debu dan gas, yang menciptakan bentuk aneh seperti sayap ini,” lanjut NASA.

W40 berjarak sekitar 1.400 tahun cahaya dari Matahari. Ia diperkirakan ada di jarak nebyla Orion, yakni nebula yang lokasinya ada di galaksi Bima Sakti.

Selengkapnya baca di sini

2. Guyonan April Mop Jadi Trending Topic Twitter

1 April kerap dikenal dengan nama April Mop atau April Fools. Pada April Mop, seseorang biasanya dapat membuat guyonan yang bertujuan membohongi orang lain.

Pembahasan soal April Mop juga sudah merambah linimasa di Twitter. Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, Senin (1/4/2019), tagar April Mop sudah bertengger di urutan pertama Trending Topic Twitter.

Kebanyakan unggahan warganet adalah guyonan yang dibuat saat April Mop hadir. Namun tidak sedikit, warganet yang menyambutnya sebagai permulaan bulan baru.

Nah, bagi kamu yang penasaran seperti apa kicauan para warganet seputar April Mop, berikut ini ada beberapa kicauan yang sudah dihimpun.

Selengkapnya baca di sini

3. Tentara di Negara Ini Dilarang Pajang Foto Selfie di Medsos

Swafoto alias selfie menjadi kegemaran pengguna smartphone, aktivitas itu kerap dibarengi dengan mengunggah hasil swafoto ke media sosial.

Namun ternyata, tentara Rusia dilarang selfie dan mengunggahnya ke media sosial. Seperti dikutip dari The Independent, Kamis (28/3/2019), tentara dari Negeri Beruang Merah ini akan menghadapi masalah hukum jika berswafoto dan mengunggahnya ke internet.

Selengkapnya baca di sini

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.