Sukses

Facebook Kehilangan Jutaan Pengguna, Instagram Malah Melonjak

Menurut laporan terbaru dari Edison Research, ada jutaan orang yang berhenti menggunakan Facebook dengan berbagai rentang usia.

Liputan6.com, Jakarta - Satu atau dua tahun belakangan, Facebook memang mengalami berbagai masalah. Mulai dari masalah keamanan data pribadi, iklan yang bermasalah, sampai ke masalah penyebaran hoaks.

Tak mengejutkan, banyak pengguna yang meninggalkan platform media sosial besutan Mark Zuckerberg tersebut.

Menurut laporan terbaru dari Edison Research, ada jutaan orang yang berhenti menggunakan Facebook dengan berbagai rentang usia.

Pengguna dengan usia 12-34 tahun dilaporkan mengalami penurunan yang stabil, sementara 35-54 tahun terlihat tak begitu mengalami penurunan, dan uniknya jumlah pengguna usia 55 tahun ke atas justru meningkat.

Sebagaimana dikutip dari Android Authority, Jumat (8/3/2019), jika dihitung persentasenya, jumlah pengguna Facebook diperkirakan menurun 15 juta pengguna.

Angka ini menunjukkan ada sekitar enam persen populasi di Amerika Serikat menutup permanen akun mereka selama dua tahun terakhir.

Namun ini bukan hal yang terlalu buruk bagi Facebook. Pasalnya, banyak orang yang pindah dari Facebook ke platform lain seperti Instagram, Snapchat, Pinterest, dan Twitter.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengguna Instagram Malah Melonjak

Instagram sendiri merupakan media sosial yang berada dalam grup Facebook. Menurut data dari penelitian Edison Research, di tahun 2015, jumah pengguna Facebook di AS (dengan usia di atas 12 tahun) mencapai 65 juta.

Angka ini terus menurun pada 2016 (62 juta), 2017 (62 juta), 2018 (57 juta), hingga pada 2019 menurun jadi 52 juta.

Meski begitu jumlah pengguna Instagram menangalami kenaikan seiring dengan turunnya jumlah pengguna Facebook. Sebagai perbandingan pengguna Instagram berusia di atas 12 tahun pada 2015 sebesar 7 juta.

Riset yang menyebut Facebook kehilangan banyak pengguna, sementara jumlah pengguna Instagram juga melonjak (Foto: Android Authority)

Sementara pada 2019, jumlah pengguna Instagram di AS naik jadi 16 juta. Pengguna Snapchat 13 juta, Pinterest 5 juta, dan Twitter naik jadi 5 juta user.

Pertumbuhan Instagram memang mengesankan selama beberapa tahun terakhir. Sehingga bisa dibilang kalau kenaikan Instagram telah menebus beberapa kerugian di Facebook. Pendapatan iklan pun bisa bergerak bolak balik antara kedua medsos tersebut.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.