Sukses

4 Aplikasi Ini Bantu Deteksi Kesehatan Matamu, Yuk Jaga Sejak Dini

Liputan6.com, Jakarta Saat ini kita tinggal di era digital, dimana perkembangan teknologinya bergerak semakin cepat. Kemajuan teknologi yang hadir di masyarakat ini membuat segala halnya dapat terlaksana dengan cepat dan mudah. Mulai dari komunikasi, mencari resep memasak, hingga mendeteksi kesehatan.

Melalui teknologi, kamu bisa mendeteksi kesehatan hanya melalui aplikasi sebelum nantinya ditindaklanjuti oleh dokter. Nah, salah satu kesehatan yang perlu kamu perhatikan adalah bagian indera melihat yaitu mata. Mata merupakan salah satu organ terpenting yang ada pada panca indera.

 

Tak jarang dari kita menyepelekan untuk menjaga kesehatan mata. Tanpa sadar kebiasaan kurang baik dapat mengurangi kualitas dari kerja mata kita. Salah satu kebiasaan kurang baik yang biasa dilakukan oleh anak milennial sekarang ini adalah aktif menggunakan gadget. Pancaran radiasi yang dihasilkan oleh gadget ini, apabila ditangkap oleh panca indera penglihatan secara berlebihan dapat merusak kesehatan mata.

Nah, buat kamu pengguna aktif gadget dan kegiatan lainnya yang menggunakan kerja aktif mata, perlu banget nih memperhatikan kesehatan mata. Berikut Liputan6.com, rangkum dari beberapa sumber Senin (4/2/2019) terkait aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mendeteksi kesehatan mata. Jadi, sebelum ke dokter, kamu bisa deteksi dini dulu melalui aplikasi berikut ini.

2 dari 3 halaman

Bisa bantu cek kesehatan mata sejak dini

1. Kuku Kube

Penggunaan aplikasi ini cukup mudah untuk deteksi kesehatan matamu. Kamu cukup memilih satu kotak yang warnanya berbeda dari kotak lainnya. Saat kamu berhasil memilih warna yang berbeda, rangkaian kotak tersebut akan terus bertambah, hingga sampai pada akhirnya warna di semua kotak sekilas terlihat sama.

Nah, pada tingkat ini mata kamu benar-benar diuji untuk kejelihannya. Setelah berhasil menebak warna di kotak tersebut, nantinya akan ada penilaian yang menunjukkan mata normal, mata lemah, mata burung, dan segera periksa ke dokter. Kamu patut coba, nih. Aplikasi ini bisa kamu unduh di Google Play Store untuk pengguna Android dan ada juga di website.

2. Eye Test

Merupakan salah satu aplikasi yang berisi tentang serangkaian tes yang bermanfaat untuk mata. Dengan aplikasi ini kamu bisa melakukan tes mata sendiri di rumah. Terdapat enam tipe tes mata dalam aplikasi ini yang bisa kamu coba seperti tes untuk penderita age related macular degeneration, tes buta warna ishihara, tes 4 amsler grid, tes ketajaman visual, survey glukoma, dan tes tertulis tentang pengetahuan pengguna mata.

Aplikasi ini dapat kamu unduh secara gratis di Google Play Store untuk pengguna Android 4.0.3 ke atas.

3 dari 3 halaman

Bisa diunduh gratis

3. Eye Exercise – Eye Care Plus

Nah, kalau kamu bingung untuk mengetahui mata minus atau normal, kamu bisa coba aplikasi ini. Aplikasi ini memiliki fitur pelatihan visi dan mata harian dalam satu paket aplikasi tes mata. Aplikasi ini dibuat berdasarkan teknik yang paling terbukti dalam oftalmologi dan memanfaatkan algoritma pelatihan otak yang akhirnya berguna untuk membantu melihat dunia yang lebih baik. Buat kamu pengguna Android, bisa download gratis di Google Play Store.

4. Eye Test – Eye Exam

Aplikasi ini akan membantu kamu untuk mengetahui apakah terdapat gangguan atau tidak pada matamu. Aplikasi tes mata ini sangat mudah digunakan. Dapat digunakan untuk melacak penglihatanmu dan memastikan bahwa kamu mendapat perawatan yang sesuai untuk matamu. Dikembangkan dengan bantuan profesional perawatan mata, tes ini didasarkan pada teknik yang paling terbukti dalam oftamologi.

Oiya, Eye Test – Eye Exam dan Eye Exercise – Eye Care Plus merupakan aplikasi yang sejenis. Jadi kamu bisa menggunakan salah satunya ataupun keduanya. Aplikasi ini dapat kamu unduh gratis di Google Play Store.

Korban Kebakaran Krukut Dapat Bantuan Rp 2,5 Juta
Loading