Sukses

90 Persen Jaringan Komunikasi Telkomsel Pulih, Aktivitas Komunikasi Kembali Normal

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel telah berhasil memulihkan 90 persen site base tranceiver receiver (BTS) layanan seluler usai gempa yang terjadi di Sulawesi Tengah. Dengan kondisi ini, cakupan layanan voice mencapai 94 persen dan internet 90 persen.

Aktivitasi komunkasi masyarakat pun dipastikan kembali normal dengan kondisi tersebut, termasuk beberapa wilayah yang terdampak gempa parah seperti Palu dan Donggala. Di wilayah itu, cakupan layanan voice, SMS, dan internet telah mencapai 100 persen.

"Kami bersyukur recovery jaringan dapat berlangsung dengan cepat sesuai target yang diberikan pemerintah, saat ini telah mencapai 90 persen, sehingga kini masyarakat dapat memanfaatkan layanan komunikasi dengan normal," tutur Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (10/10/2018).

Untuk melakukan pemulihan, Bob menuturkan pihaknya terus melakukan pemantauan site-site jaringan yang mengalami dan berpotensi gangguan. Lalu, dilakukan mobilisasi 218 mobile genset untuk catuan daya dan memasang 3 mobile BTS.

"Kami menyadari layanan komunikasi sangat penting dalam kondisi bencana seperti ini, khususnya untuk memberi kabar, koordinasi SAR, BNPB, TNI- Polri. Untuk itu, kami terus fokus mendukung kelancaran penanggulangan bencana ini," tuturnya.

Seiring upaya pemulihan jaringan, Telkomsel juga melakukan aksi kepedulian. Salah satunya adalah memberikan paket gratis telepon dan SMS ke semua operator selama 24 jam. Paket ini berlaku selama seminggu untuk seluruh pelanggan di Palu dan Donggala.

Paket gratis telepon dan SMS dapat diaktifkan dengan menu UMB *888*20# atau SMS dengan cara mengetik SULTENG, kirim ke 8999.

Pelanggan akan mendapatkan 50 menit bicara dan 200 SMS gratis ke seluruh operator berlaku selama seminggu.

Selain itu, Telkomsel juga menyerahkan 1.000 SIM Card SimPATI kepada aparat POLDA Sulteng dan para relawan kemanusiaan untuk kemudahan komunikasi dan koordinasi di lapangan.

“Kami juga membuka posko siaga bencana yang selain berfungsi sebagai pusat komando juga memberikan bantuan kepedulian dan telpon gratis bagi korban bencana. Pelanggan yang ingin berdonasi, Telkomsel bekerjasama dengan Rumah Zakat membuka layanan donasi bagi korban gempa Donggala melalui UMB *800*01#, aplikasi TCASH, maupun QR Code,” tutur Bob.

2 dari 3 halaman

Catat, Ini Lokasi Telepon dan Internet Gratis di Donggala dan Palu

Pasca-gempa di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah, jaringan komunikasi langsung lumpuh.

Operator telekomunikasi Telkomsel juga mengakui jaringan 4G-nya terganggu akibat pemadaman listrik, meski akhirnya berangsur pulih.

Selama proses pemulihan pasca-gempa berlangsung, masyarakat di wilayah tersebut dapat mengakses internet dan telepon secara gratis yang disediakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) seperti Telkom dan Telkomsel.

Informasi ini disampaikan langsung oleh Telkom lewat keterangannya, Minggu (30/9/2018).

Akses gratis tersebut diberikan lewat jaringan Wifi.id bagi wilayah yang terkena dampak bencana gempa dan tsunami.

Lewat SSID "TelkomPeduli", internet gratis ini sudah bisa diakses di kantor Telkom di wilayah Palu, Donggala, Ampana, Banggai, Luwuk, Marisa, Parigi dan Poso.

Berikut daftar alamat kantor Telkom yang menyediakan akses internet gratis:

Palu: Jl. Juanda No. 25 Palu

Donggala: Jl. Kamata No 46 Kab Donggala

Ampana: Jl. Muslaeni, Uentanaga Bawah, Ampana Kota.

Banggai: JL Yogugu Sopia, Lambako, Banggai, Banggai Laut

Luwuk: Jl. M.T. Haryono, Soho, Luwuk

Marisa: Jl. Trans Sulawesi, Marisa utara

Parigi: Jl. Telkom, Masigi, Parigi

Poso: Jl. Urip Sumoharjo No.3, Kasintuwu, Poso Kota Utara.

Di sana, masyarakat bisa memakai internet secara gratis. Telkom juga menyediakan fasilitas charger untuk mengisi ulang daya secara cuma-cuma, mengingat saat ini di beberapa lokasi banyak yang kesulitan listrik.

Tak cuma itu, ada juga fasilitas sistem komunikasi satelit dengan Satellite News Gathering (SNG) yang dibawa dari Makassar ke Palu. 

Adapun untuk telepon dan SMS gratis, disediakan langsung dari Telkomsel. 

Untuk bisa memanfaatkan layanan tersebut, masyarakat harus beranjak di halaman Grapari Telkomsel Palu. Alamat Grapari Telkomsel Palu Jl. Professor Muhammad Yamin No. 9, Palu Selatan, Lolu Utara, Palu.

3 dari 3 halaman

Jaringan Backbone Telkom di Wilayah Palu Kembali Pulih 100 Persen

Jaringan telekomunikasi yang sempat rusak usai gempa dan tsunami wilayah Sulawesi Tengah telah berangsur pulih. Salah satu operator yang memastikan pulihnya jaringan adalah PT Telkom Indonesia (Telkom).   

“Hingga saat ini, jaringan backbone dan metro fiber optic jalur Palu-Donggala dan Palu-Parigi-Manado telah 100 persen pulih,” seperti dikutip dari akun Twitter Telkom Indonesia, Minggu (7/10/2018).

Tidak hanya itu, sebanyak 885 base tranceiver receiver (BTS) atau sekitar 70 persen BTSTelkomsel juga kembali pulih. Karenanya, 83 persen layanan suara dan 63 persen layanan data sudah dapat digunakan.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Artikel Selanjutnya
Sri Mulyani Asuransikan Seluruh Gedung Pemerintah Mulai 2019
Artikel Selanjutnya
Komunitas Indonesia di Australia Galang Ratusan Juta Rupiah untuk Korban Gempa Sulteng