Sukses

5 Rekomendasi Situs Web Bagi Pecinta Buku

Liputan6.com, Jakarta - Minggu ini acara yang ditunggu-tunggu pecinta buku yaitu Big Bad Wolf (BBW) diadakan di BSD, Tangerang, untuk yang ketiga kalinya.

Dalam festival tersebut, buku-buku impor yang biasanya mahal mendapatkan diskon besar-besaran sehingga para pengunjung bisa membeli buku sebanyak mungkin.

Selain belanja buku, salah satu hobi para kutu buku adalah mendiskusikan, meresensi, mengkritik, dan berbagi rekomendasi buku-buku yang mereka baca.

Di internet, terdapat banyak situs-situs web dijadikan platform oleh para kutu buku untuk memuaskan passion mereka di bidang sastra.

Berikut Tekno Liputan6.com rekomendasikan lima situs web khusus bagi kamu yang lebih suka belanja buku ketimbang beli baju baru.

2 dari 6 halaman

1. Project Gutenberg

Project Gutenberg menghadirkan e-book klasik gratis dalam Bahasa Inggris. Buku-buku yang diterbitkan di situs Project Gutenberg (gutenberg.org) dapat diakses gratis tanpa perlu mendaftar.

Yang tersedia memang hanya novel-novel klasik, karena di luar negeri karya tulis yang berumur sekitar 70-80 tahun setelah penulisnya meninggal dapat dijadikan milik publik (public domain), sehingga tidak perlu izin hak cipta untuk membaca atau menyebarluaskannya.

Nama Project Gutenberg berasal dari nama Johannes Gutenberg, pria Jerman yang menciptakan alat cetak mekanik.

3 dari 6 halaman

2. Goodreads

Inilah media sosial para pecinta buku.

Situs Goodreads ini memang memiliki beragam fungsi, mulai dari menata buku yang kita baca sesuai genre, memberikan penilaian pada buku yang sudah kita baca, dan tentunya menulis review dan berdiskusi.

Goodreads pertama kali meluncur pada 2007, dan sampai sekarang masih digunakan dengan nyaman oleh para pecinta buku di berbagai belahan dunia.

Situs web ini bukan hanya menampung pembaca, para penulis pun dapat membuat akun Goodreads untuk ikutan menulis review serta berinteraksi dengan pembaca.

4 dari 6 halaman

3. What Should I Read Next

Setelah selesai membaca buku favorit, apa kamu bingung ingin membaca buku apa setelah?

Cek saja situs What Should I Read Next lewat mesin pencarian kamu.

Situs ini sangat praktis bila kamu sangat mencintai sebuah buku dan ingin membaca buku lain yang memiliki isi yang serupa dengan buku yang kamu sukai.

Cukup menulis judul buku atau penulisnya di search tab di situs whatshouldireadnext.com, setelahnya kamu akan mendapatkan daftar dari buku-buku yang memiliki tema serupa seperti buku yang kamu baca.

5 dari 6 halaman

4. Book Cover Archive

Nah, untuk situs web yang satu ini tidak hanya cocok untuk pecinta buku, melainkan cocok untuk ilustrator sampul.

Pada situs Book Cover Archive, ada begitu banyak sampul-sampul buku yang menarik mata dan menyegarkan ide kita.

Bila kamu ingin mencari ide untuk sampul buku, tidak ada salahnya untuk mencari inspirasi di situs web ini. Tapi ingat, mencari inspirasi tidak sama dengan plagiarisme.

Hormati karya orang lain, dengan tidak menjiplak desain di situs ini.

6 dari 6 halaman

5. Page-Turner

Untuk kamu yang suka tulisan komprehensif tentang sebuah karya sastra atau fenomena terkait, kamu bisa membaca tulisan-tulisan di Page-Turner yang merupakan bagian dari majalah kultur The New Yorker.

Bacaan-bacaan di Page-Turner selain menambah wawasan, juga akan menambah pengetahuanmu tentang penulisan Bahasa Inggris yang menarik, sebab prosa yang disajikan di situs ini sungguh berbobot.

Bila kamu sudah mahir Bahasa Inggris, tidak ada salahnya untuk mencoba membaca di Page-Turner untuk mengasah kemampuan membaca dan menulismu.

Itulah lima situs yang cocok bagi para pecinta buku. Apakah ada yang kamu sukai?

(Tom/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: